Pengamanan Hutan Produksi Ditingkatkan

Kendari Ekspres, Ekobis Lokal 2010-08-25 / Halaman 2

Pemanfaatan sumber daya alam berupa hutan, tanah dan air yang dilaksanakan selama ini belum efisien serta masih berorientasi kepada kepentingan jangka pendek dan kurang memperhatikan kaidah-kaidah pengolahan sumber daya hutan dan air untuk kebutuhan jangka panjang.

Sehubungan dengan hal itu, pengamanan hutan produksi Kecamatan Wolowa, bekerjasama dengan Wallacea dan pemerintah Kabupaten Buton, melakukan aktivitas peningkatan pengamanan hutan. Tujuan kegiatan ini untuk mencegah kerusakan hutan agar tidak sewenang-wenang menerobos memasuki kawasan hutan produksi, sehingga tidak terjadi kerusakan hutan se-wilayah Kecamatan Wolowa.

Hal ini disampaikan oleh kepala Sub Keamanan Kehutanan Kabupaten Buton, La Duria beberapa hari yang lalu, usai melakukan survey kawasan hutan, di Desa Kaumbu, dengan melibatkan unsur muspika bersama masyarakat.

Menurut La Duria, seperti dikutip melalui Koordinator Pranata Humas, La Djairi ST, mengatakan, kawasan hutan yang ada di wilayah Kecamatan Wolowa adalah hutan Lambusango yang merupakan paru-paru dunia, sehingga masyarakat dilarang untuk mengolah apalagi merusak kawasan tersebut.

Selanjutnya dikatakan, kepada seluruh komponen masyarakat untuk melakukan penyelamatan lingkungan. “Ditekankan kepada masyarakat, hanya diperbolehkan mengolah kawasan lahan tidur saja, yang selama ini sudah diolahnya. Selain itu juga harus ada pengawasan aktivitas pencurian kayu yang selama ini marak dilakukan oleh oknum yang tak bertanggung jawab”, paparnya. *P4/B/MUR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: