Gubernur Lepas Pengapalan Ore PT WIN

Media Sultra, Ekonomi 2010-08-24 / Halaman 2

Satu perusahaan tambang nikel, PT Wijaya Inti Nusantara (WIN) yang beroperasi di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), melakukan pengapalan tanah yang mengandung nikel (ore) perdana ke negeri China, Minggu (22/8).

Pengapalan tersebut dilepas Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam.

Dalam sambutannya, Nur Alam, mengatakan, lokasi nikel di Wonuagongga, Desa Torobulu, Kecamatan Lainea, Kabupaten Konawe Selatan ini telah lama dipegang oleh PT Inco. Persisnya sejak tahun 1967, namun tidak pernah melakukan aktifitas. “Beralihnya lahan ini, karena kami berhasil meyakinkan pemerintah pusat untuk mengambil alih, mudah-mudahan kedepan lebih bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi di wilayah ini”, katanya.

Menurut Nur Alam, pihak perusahaan juga berjanji bakal memberikan kompensasi bagi masyarakat sekitar. Untuk itu, pemerintah meminta kepedulian  kepada warga agar dapat bekerja sama dengan perusahaan, sehingga kemiskinan di daerah sekitar tambang dapat terbebaskan, dengan rekruimen tenaga kerja penduduk lokal.

“Saat ini memang masih sedikit tenaga kerja yang dibutuhkan, namun kedepan ketika pabrik sudah berdiri, tentunya akan menampung ribuan tenaga kerja”, kata Nur Alam.

Sementara itu, Direktur PT WIN, yang juga groub dari PT Bili, Widi Aswindi mengatakan, tenaga kerja yang telah digunakan sebanyak 281 orang, terdiri dari 170 orang tenaga lokal, 78 orang diambil dari Kabaena, dan 30 orang lainnya dari luar Sulawesi.

“Ini untuk permintaan awal, kedepannya tentunya akan lebih banyak tenaga kerja yang terserap”, katanya.

PT WIN melakukan aktifitas eksplorasi mulai Januari 2010. Mendapat izin dari pemerintah setempat, SK Bupati Konawe Sekatan. Lahan yang dikuasai seluas 250 hekter. Operasi penggalian ore mulai bulan Juni dan menghasilkan 129.756 ton ore. )M-5/Ms-3)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: