Empat IPR Emas Milik Oknum Pejabat ?

Kendari Pos, Bumi Anoa 2010-08-24 / Halaman 5

Selain mengeluarkan Izin Usaha Pertambangan (IUP) eksplorasi dan eksploitasi emas untuk dikelola sekitar 50 investor, Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Bombana ternyata juga menerbitkan Izin Pertambangan Rakyat (IPR) pada pemilik koperasi. Meski belum diketahui pasti berapa jumlah IPR yang sudah direkomendasikan, namun Distamben dinilai pilih kasih dalam penerbitannya, sebab disinyalir hanya oknum pejabat tertentu yang bisa mengantongi IPR.

Pegawai Distamben yang bertugas pada Bagian Perizinan, Yaman mengatakan, sampai saat ini sudah ada beberapa lembaga yang memiliki Izin Pertambangan Rakyat, diantaranya Koperasi Asia Raya, Jaya Mandiri, Lauru Karya Utama serta Karya Kanaan. IPR milik empat koperasi tersebut dikeluarkan sejak Desember 2008 lalu. Wilayah operasi IPR empat Koperasi itu terletak di Desa Desa Rau-Rau dan Pangkuri, Kecamatan Rarowatu.

Yaman mengaku, sesuai izin yang diberikan, luas IPR koperasi itu berbeda-beda. Khusus Jaya Mandiri Lestari lahannya sekitar delapan hektar. Sedangkan Asia Raya sekitar enam hektar. Terkait siapa pemilik tiga koperasi itu, Yaman tidak memberikan jawaban pasti. ” Yang jelas satu IPR milik Kades Pangkuri,” katanya.

Anehnya, Sekretaris Distamben, Zainal Abidin justru sama sekali tidak mengetahui jumlah koperasi dan pemilik tiga IPR lainnya. Begitu juga dengan IUP eksplorasi serta eksplotasi emas dan nikel yang sudah beroperasi. Menurut Zainal, sejak dipercaya jadi orang kedua di Distamben, jenis atau bentuk IPR maupun IUP tak pernah diketahuinya. ” Mungkin tugas Saya hanya mengurus administrasi perkantoran saja. Kalau berhubungan dengan izin pertambangan, Saya sama sekali tidak tahu, karena merasa tidak terlibat di dalamnya. Jadi lebih baik jujur saya bilang tidak tahu dari pada pura-pura tahu,” beber Zainal Abidin saat ditemui, kemarin. (nur/cok)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: