Camat Sampara Diminta Tegas Berantas Penambangan Illegal

Kendari Ekspres, Ekobis Lokal 2010-08-24 /Halaman 2

DPRD Kabupaten Konawe mendesak Camat Sampara untuk lebih tegas dalam memberantas pasir yang menggunakan mesin di Kali Konaweha. Jika para penambang tetap bandel. Camat pun diminta supaya mesin pompayang digunakan dilakukan penyitaan sekaligus menjadi barang bukti penambangan illegal.

Penegasan tersebut diutarakan anggota Komisi B, DPRD Konawe, Jamaluddin Banasiu, via telpon, Senin (23/8). “Mandat untuk menindak para penambang illegal yang menggunakan mesin sudah diberikan pakBupati Konawe. Jadi tidak ada alasan untuk tidak menindak tegas para penambang itu. Jika tidak dilakukan, berarti camat ada main dengan para penambang itu”, warning Jamaluddin.

Dikatakannya, apabila mandat bupati itu tidak bisa dilaksanakan oleh camat. Camat harus secepatnya memberikan laporan ke Dinas Pertambangan konawe supaya langkah-langkah penertiban diambil alih kabupaten.

“Paling lama satu minggu penambangan pasir menggunakan mesin sudah harus dihentikan. Jika tidak, saya usulkan supaya bupati secepatnya membentuk tim gabungan untuk menertibkan penambangan itu”, ujar legislator asal partai Demokrat ini.

Kata Jamaluddin, penertiban penambangan pasir illegal ini tidak bisa ditawar. Masalahnya, kata dia, dampak yang ditimbulkan atas penambangan pasir dengan cara menggunakan mesin itu sangat rentan dengan kerusakan lingkungan yang nantinya akan berdampak ke masyarakat yang bermukim disepanjang daerah aliran sungan Konaweha. *ARI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: