Terendam Banjir, PLTM Winning Berhenti Beroperasi

Media Sultra, Daerah 2010-08-21 / Halaman 7

Tingginya curah hujan di Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton beberapa hari terkahir mengakibatkan banjir dan tanah longsor. Bahkan salah satu pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTM) Winning terendam, akibatnya tidak bisa menyuplai listrik karena mesinnya dimatikan.

Abidin, seorang petugas PLNM Winning, Kamis (19/8) mengatakan, banjir yang terjadi Rabu (18/8) sore menerobos masuk ke ruang mesin. Akibatnya mesin pembangkit terpaksa dimatikan mencegah korsleting. Mengantisipasi kekurangan listrik di wilayah itu PLTD Baubau terpaksa memasok ke daerah tersebut.

“Mesin pembangkit kami untuk sementara diistrahatkan hingga menunggu mesin yang terkena air benar-benar kering”, katanya.

Selain itu, kata Abidin, terjadi tanah longsor di 21 titik sehingga menutup akses masuk jalan dari Desa Winning ke lokasi mesin PLTM yang berjarak 5 kilometer. Meski sebagian sudah bisa disingkirkan dengan alat seadanya hasilnya tidak maksimal.

“Kita masih menunggu alat berat karena volume longsorannya sangat besar”, katanya.

Meski tidak ada korban jiwa, kerugian akibat tidak beroperasinya mesin tersebut cukup besar karena pasokan listrik dihentikan.

Informasi yang diperoleh Media Sultra, selain lokasi Winning, Desa Kancinaa juga mengalami banjir dengan ketinggian 1 meter dan sempat membuat panik warga setempat. (Has)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: