Banjir dan Longsor Landa Pasarwajo

Kendari Ekspres, Buton Raya 2010-08-21 / Halaman 15

Hujan yang terus mengguyur wilayah Buton Raya tanpa henti-hentinya dalam sehari, sejak Selasa (17/8) malam hingga Rabu (18/8) sore menyebabkan Pasarwajo, ibukota Kabupaten Buton dilanda tanah longsor dan banjir.

Banjir tersebut juga menyebabkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTM) Winning terendam banjir, serta sepanjang jalan menuju ke lokasi pembangkit listrik tersebut tertutup tanah longsor, kata petugas PLTMH Winning Abidin di Pasarwajo, Kamis (19/8).

Abidin mengatakan, banjir yang terjadi pada Rabu (18/8) sore, menerobos masuk dalam ruangan mesin kantor. Akibatnya mesin pembangkit terpaksa dimatikan untuk mencegah korsleting. “Banjir membasahi semua mesin pembangkit, namun kejadiannya tidak berlansung lama karena petugas yang berada di lokasi lansung membuat penghalang air”, katanya.

Ia menambahkan, sejak terjadi banjir, PLTMH Winning tidak dapat memasok listrik ke wilayah Kabupaten Buton sehingga PLTD Baubau terpaksa memasok listrik ke daerah tersebut. “Mesin pembangkit kami untuk sementara diistrahatkan hingga menunggu mesin yang terkena air benar-benar kering”, katanya.

Selain banjir, lanjut Abidin, tanah longsor terjadi di 21 titik dan menutup akses masuk jalan dari Desa Winning menuju ke lokasi mesin PLTMH yang berjarak 5 kilometer.. “Sebagian material longsoran yang menutupi akses jalan sudah kami buka dengan peralatan seadanya, untuk material longsoran yang lain karena volume material cukup tinggi kami menunggu alat berat”, katanya.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir dan tanah longsor tersebut, namun kerugian akibat tidak beroperasinya mesin PLTMH Winning belum dapat ditaksir. Selain di Desa Winning, banjir juga melanda Desa Kancinaa, air setinggi 2 meter sempat membuat para penduduk setempat mengungsi ke tempat yang aman hingga air surut. *P4/B/LEX

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: