Tiga Perusahaan Ikan Hengkang, PAD Menurun

Kendari Ekspres, Ekobis Lokal 2010-08-20 / Halaman 2

Tiga perusahaan perikanan eksportir hengkang dari Kota Kendari, cukup besar pengaruhnya sehingga Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan menurun, Perusahaan tersebut kembali ke daerah asalnya di Ambon, sebab telah diultimatum izin operasinya dari daerah asalnya itu.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kendari, Agus Salim S, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (18/8). Menurutnya, perusahaan tersebut mempunyai kontribusi besar dalam menaikkan PAD Kota sejak tiga tahun belakangan.

“Sebelum hengkangnya perusahaan tersebut pencapaian target PAD dapat diatasi, namun sejak awal tahun 2007 hingga akhir 2009, PAD kita menurun. Untuk evaluasi bulan Juni 2010 ini baru 43,3% atau sebesar Rp 265 juta dari targetnya tahun 2010 ini sebesar Rp 600 juta yang harus disetor ke kas daerah, sedangkan target yang diberikan oleh pemerintah kepada kami dari tahun ke tahun meningkat”, katanya.

Perusahaan tersebut, kata Agus, lumayan besar kontribusinya, mereka sebagai pengelola ikan, mempunyai kapal sendiri, Glostore tempat penampungan ikan sekaligus memproduksi es batu, namun pada saat pulihnya kondisi asal eksodus ini, ke tempat asalnya, tingkat PAD menurun.

Kondisi sekarang ini, lanjut Agus, diperparah oleh faktor cuaca yang sangat ekstrim, nelayan enggan melaut, sehingga imbasnya pada PAD kita. *P5/B/ARI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: