Harga Nikel Turun, Anggaran Defisit

Kendari Pos, Bumi Anoa 2010-08-20 / Halaman 5

Defisit APBD Kolaka tahun 2009 yang mencapai kurang lebih Rp 48 miliar kembali menjadi sorotan sejumlah fraksi di DPRD. Dalam sidang paripurna dengan agenda jawaban Bupati Kolaka, Buhari Matta atas pemandangan fraksi-fraksi terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ),  para wakil rakyat langsung ”menyerang” eksekutif.

Meski demikian, Buhari Matta juga punya alasan yang menjadi jawaban atas semua sorotan tersebut. Menurutnya, terjadinya peningkatan defisit keuangan daerah sebagai akibat dari tak tercapainya target penerimaan pendapatan dari yang direncanakan sebesar Rp 594 miliar lebih namun hanya terrealisasi Rp 548 miliar lebih.

” Ini merupakan dampak krisis ekonomi global yang berakibat menurunnya penerimaan pendapatan di sektor industri dan pertambangan akibat terjadinya stagnasi produksi nikel karena anjloknya harga di pasaran,” argumen Buhari.

Sementara itu, menyangkut sorotan Fraksi Golkar terhadap masalah tumpang tindih lahan perkebunan kelapa sawit yang dikelola PT. Damai Jaya Lestari di Kecamatan Tanggetada dan Polinggona, bupati lagi-lagi beralasan, sengketa tersebut tengah dalam proses penyelesaian. Demikian pula masalah lahan SMPN 2 Kolaka dan SDN Lambolemo antara pihak sekolah dengan warga yang mengklaim sebagai pemilik, saat ini tengah diselesaikan dengan mengedepankan musyawarah mufakat.

” Untuk menertibkan tanah-tanah aset Pemkab yang banyak digugat oleh masyarakat, Kami telah membentuk tim khusus agar teradministrasi dengan baik dan memiliki dasar hukum,” pungkas pasangan Amir Sahaka ini. (cr3/cok)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: