Pemkab Kolaka Ajukan Raperda

Media Sultra, Hukum 2010-08-19 / Halaman 4

Pemkab Kolaka mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) pertambangan mineral dan batu bara bersamaan dengan 13 Raperda lainnya untuk dibahas di DPRD, Rabu (18/8).

Ketiga belas raperda tersebut diserahkan wakil Bupati Kolaka, Amir Sahaka kepada Ketua DPRD Kolaka Parmin Dasir pada sidang paripurna DPRD Kolaka. Raperda pertambangan sendiri diajukan oleh DPRD sebagai hak inisiatif, meskipun pemkab Kolaka juga mengajukan Raperda serupa.

“Sesuai aturan jika dalam satu masa sidang, DPRD dan Pemkab menyampaikan Raperda yang sama, maka Raperda yang akan dibahas adalah yang disampaikan  oleh DPRD, sedangkan Raperda yang diajukan sebagai bahan untuk dipersidangkan”, kata Parmin Dasir.

Adapun Raperda yang diajukan selain Raperda Pertambangan adalah laporan pertanggung jawaban APBD tahun 2009, retribusi pemeriksaan ternak dan ijin usaha pertanian dan peternakan, tata bangunan, pemakaian kelayakan daerah, pengelolaan barang milik daerah, pemberantasan baca tulis Al Quran, penanaman modal daerah, badan pengelola keuangan dan aset daerah, insentif dan pemberian kemudahan penanaman modal daerah, organisasi dan tata kerja dinas, pembagian organisasi dan tata kerja lembaga teknis, bantuan keuangan bagi partai politik, dan Raperda  tentang perusahaan daerah aneka usaha.

Wakil bupati kolaka Amir Sahaka dalam sambutannya menyatakan, mengingat urgensi dan banyaknya sorotan dari elemen masyarakat soal pertambangan, Raperda pertambangan yang nantinya ditetapkan menjadi Perda, bisa menjadi payung hukum dalam pelaksanaan kegiatan dan terutama dalam rangka peningkatan PAD dari sektor tambang.

Meski diakuinya Raperda Pertambangan mineral dan batubara terjadi keterlambatan dalam pengajuannya. Meski undang-undang Menerba ditetapkan tahun 2009, namun payung hukum berupa peraturan pemerintah baru diterbitkan tahun 2010. (Ar/Ms-5)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: