Pemprov Sultra Wajibkan Investor Sumbang USD 1,5

Kendari Ekspres, Ekobis Lokal 2010-08-14 / Halaman 2

Pemerintah Sulawesi Tenggara (Sultra) mewajibkan investor tambang nikel memberikan sumbangan ke daerah. Penghitangannya setiap kali mengekspor nikel, dalam bentuk ore, satu ton dikenakan wajib sumbangan 1,5 USD.

Hal ini dibenarkan Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam. Aturan yang mengikat berupa perubahan Peraturan Gubernur Nomor 9 Tahun 2008 tentang sumbangan pihak ketiga. Berlaku mulai pertengahan tahun 2010 ini.

“Sumbangan pihak ketiga ini akan digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, kata Nur Alam, Kamis (12/8).

Nur Alam mengatakan, sumbangan pihak ketiga merupakan bukti tambang mampu mensejahterakan masyarakat. Dapat dilihat sumbangan PT Antam Tbk, tahun 2008 lalu, daerah memperolah dana Rp 130 miliar. Digunakan untuk program Bahteramas (Bangun Kesejahteraan Masyarakat) dan programnya dirasakan masyarakat secara langsung.

Balasan yang dijanjikan pemerintah terhadap penarikan sumbangan, kebutuhan investor bakal dipenuhi. Seperti keabsahan izin Kuasa Pertambangan maupun pembangunan fasilitas pendukung produksi nikel (pelabuhan dan lokasi pembangunan pabrik).

Gubernur mengungkapkan, dalam waktu dekat, Pemprov Sultra akan membuat nota kesepahaman (MoU) mengenai sumbangan pihak ketiga tersebut dengan beberapa perusahaan tambang. Diantaranya PT Cinta Jaya, PT Billy Indonesia, PT Integra Mining Nusantara dan PT Kurnia.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Hakku Wahab menjelaskan, sumbangan tersebut hanya berlaku untuk pengiriman dalam bentuk ore sampai tahun 2014 mendatang. Setelahnya perusahaan wajib membangun pabrik, sesuai dengan yang diamanatkan dalam Undang-Undang Minerba No 4 Tahun 2009.

“Pengusaha tambang juga wajib menyetor sumbangan sebesar 5 persen sampai 10 persen dari penghasilan bersih”, kata Hakku.

Menurut Hakku, meski aturan telah diberlakukan masih terdapat beberapa perusahaan di  Sultra yang melakukan pengiriman ore namun tidak memenuhi kewajibannya. Dinas ESDM mencatat, hingga tahun 2010 terdapat 328 izin usaha pertambangan (IUP) di Sultra. *CUK/ARI.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: