Pemkot Baubau Buka Diri Kepada Swasta

Media Sultra, Ekonomi 2010-08-14 / Halaman 2

Pemerintah Kota Baubau membuka diri dan memberi ruang kepada swasta untuk melihat potensi wisata yang ada sehingga dapat dikembangkan secara profesional.

Walikota Baubau MZ Amirul Tamim kepada sejumlah wartawan si Palagimata Jumat (13/8) mengatakan, pihaknya menyadari Kota Baubau tidak memiliki potensi sumber daya alam. Untuk itu, dengan potensi kebudayaan dan pariwisata yang ada harus menjadi tumpuan masyarakat. Bahkan, dengan program revitalisasi cagar budaya yang ada tentunya dapat menetapkan peran Baubau sebagai Kota Budaya.

“Dalam beberapa tahun kita sudah melakukan revitaslisasi cagar budaya yang berjalan dengan baik dan hasilnya, Baubau mulai dikenal hingga sampai ke tingkat dunia”, ungkapnya.

Untuk mendukung perannya sebagai Kota budaya, semua fasilitas transportasi laut terus dilakukan penambahan secara bertahap. Bahkan, seluruh instrumen akan disiapkan, mulai dari pengelolaan pariwisata, hingga sumber daya manusia. “Semua komponen kita siapkan, termasuk penambahan fasilitas dan transportasi hingga penyediaan sumber daya manusia pengelola pariwisata”, katanya.

Sedangkan terkait peran pihak ketika atau swasta dalam pengelolaan pariwisata, Amirul menyambut baik langkah ini. Selama ini dalam mempromosikan Kota Baubau dengan merambah dunia maya yang secara tidak langsung melibatkan pihak ketiga atau swasta.

“selama ini kita sudah mengarah kesana karena pemerintah hanya sebatas menyediakan fasilitas dengan menyiapkan regulasi yang memudahkan pihak swasta menanamkan sahamnya untuk kemajuan pariwisata di Kota Baubau”, kata Amirul. (Has)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: