PT AMI Pernah Menambang Sebelum Kantongi Izin Menhut

Media Sultra, Daerah 2010-08-13 / Halaman 7

Meski aktifitas PT Arga Morini Indah (AMI) di Kecamatan Talaga Raya Kabupaten Buton mulai tahun 2005 namun izin Menteri Kehutanan baru keluar tahun 2009. Untuk itu, Center For Democracy and Law Studies (CDLS) menilai aktifitas pertambangan oleh PT AMI sebelum itu adalah aktifitas illegal.

Ketua koordinator Advokasi CDLS La Ode melalui pres mengatakan, segala bentuk kegiatan usaha penambangan PT AMI ketentuan Undang-undang Nomor 41 tahun 1999 pasal 41 tahun 1999 pasal 50 ayat 3 butir G.

“Selama ini PT AMI melakukan kegiatan pertambangan lebih dulu tanpa adanya izin pinjam pakai dari Menteri Kehutanan. Sedangkan Izin Menteri Kehutanan pada usaha pertambangan di Talaga keluar pada 14 April 2009 dengan nomor 173/Menhut-II/2009”, kata Ld Fitriyadi.

Lebih lanjut dikatakan, dalam undang-undang kehutanan dijelaskan bahwa segala bentuk penambangan ketika berada didalam kawasan hutan harus mendapat izin dari menteri kehutanan. Sementara, Bupati Buton, LM Sjafei Kahar selaku kepala wilayah telah mengeluarkan izin usaha pertambangan eksplorasi sejak tahun 2005 dan tahun 2007 kembali mengeluarkan surat keputusan pemberian kuasa eksploitasi.

“Jadi kami menilai segala bentuk kegiatan penambangan yang dimulai dari tahun 2005 sampai dengan turunnya izin pinjam pakai Menteri Kehutanan illegal dan berpotensi merugikan keuangan negara”, ungkapnya.

Terkait kasus ini CDLS sudah melaporkannya ke pihak polres Baubau pada tanggal 15 Juni 2010 namun hingga saat ini belum ada kejelasannya. “Kita berharap polisi tidak main mata dan serius mengingat kasus ini karena hingga saat ini belum ada kejelasan sampai dimana prosesnya”, kata Ld Fitriyadi. (Has/Ms-2)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: