Pemkot Akan Identifikasi Daerah Rawan Banjir

Kendari Pos, Metro Kendari 2010-08-12 / Halaman 9

Hujan yang seakan todak henti-hentinya mengguyur  Kota Kendari, membuat sejumlah kawasan dilandan banjir. Selain bantaran Kali Wanggu, bantaran Kali Kadia beberapa hari lalu juga tidak luput dari banjir. Fenomena tahun ini tentunya tidak luput dari perhatian Pemkot Kendari.

“Kami sedang mengidentifikasi daerah rawan banjir di Kota Kendari, tak terkecuali bantaran kali Kadia. Karena hanya semalam diguyur hujan dan bertepatan dengan air pasang, menyebabkan terjadinya banjir, sehingga butuh penanganan khusus”, kata Asrun.

Diakuinya salah satu penyebab banjir di Kota Kendari, karena maraknya aksi penimbunan lahan. Padahal semestinya terdapat daerah-daerah tertentu yang tidak boleh ditimbun. “Dengan ditimbunnya areal tertentu yang semestinya tidak untuk ditimbun, menimbulkan genangan air. Lama-kelamaan akan meyebabkan banjir”, akunya.

Mengenai kemungkinan dilakukannya normalisasi Kali Kadia, mantan Kadis Tata Kota ini mengungkapkan tidak perlu. Pasalnya kebanyakan banjir terjadi karena karena pengaruh air pasang. “Yang perlu segera dilakukan yaitu pengawasan terhadap kegiatan  penimbunan. Selain saat ini kami juga akan membuat proposal ke pemerintah pusat, untuk menambah alokasi dana penanggulangan bencana”, ungkapnya. (cr6).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: