Bulan Puasa Puncak Kemarau

Kompas, Lingkungan & Kesehatan 2010-08-12 / Halaman 13

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Yogyakarta memperkirakan puncak musim kemarau untuk wilayah DI Yogyakarta terjadi pada bulan puasa ini. Meski demikian, suhu udara maksimal hanya mencapai 33 derajat celsius, yang tergolong normal.

”Hujan akan sangat kecil terjadi dengan cuaca cukup berawan hingga awal September,” kata staf Data dan Informasi BMKG Yogyakarta, Sigit Hadi Prakoso, Rabu (11/8). Jika pun ada, hujan hanya akan turun di bawah 50 milimeter per 10 hari.

Suhu maksimal pada siang hari yang mencapai 33 derajat celsius, menurut Sigit, tak perlu dikhawatirkan. Suhu ekstrem kemungkinan baru terjadi pada Oktober, yang bisa mencapai di atas 35 derajat celsius.

Karena memasuki puncak kemarau, pengaruh gangguan cuaca La Nina yang sempat mengacaukan cuaca DIY beberapa waktu lalu tidak akan terlalu berpengaruh pada Agustus hingga awal September.

Namun, dampak La Nina akan berpengaruh pada pendeknya musim kemarau tahun ini menjadi hanya empat bulan. ”Kami perkirakan, pada akhir September atau awal Oktober nanti DIY sudah memasuki musim hujan,” ujar Sigit.

Dihubungi terpisah, Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Nasional DIY Bambang Wibowo menyatakan, seluruh anggotanya menderita pada musim tanam tahun ini karena cuaca tak menentu. ”Cuaca kadang hujan kadang panas ini aneh karena belum pernah dirasakan sebelumnya,” katanya.

Jenis pertanian yang paling terganggu ialah padi dan sayur- sayuran. Karena tingkat kelembaban tinggi, tanaman padi dan sayur diserang berbagai hama perusak, terutama wereng dan ulat. ”Banyak petani yang tanamannya gagal total,” ujarnya.

Bambang berharap pemerintah segera turun tangan untuk membantu para petani, khususnya dalam pengadaan pestisida untuk membasmi hama. Mayoritas petani dari 900 kelompok anggota KTNA tak memiliki modal cukup untuk membeli pembasmi hama tersebut. (ENG)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: