Produksi Rumput Laut Sultra 500 Ribu Ton

Kendari Ekspres, Ekobis Ekspres 2010-08-11 / Halaman 2

Ditunjang geografis perairan yang sangat mendukung, budidaya rumput laut di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sangat menguntungkan. Berdasarkan dara Dinas Perikanan dan Kelautan Sultra, produksi rumput laut dari tahun 2004-2008 mencapai 501.771 ton. Diperkirakan pada tahun 2010, produksi tersebut semakin meningkat.

Penjelasan ini diutarakan Kepala Bidang Perikanan dan Budidaya, Dinas Perikanan dan Kelautan Sultra, Tri Kusna, Selasa (10/8). Menurut Tri, Kabupaten penghasil rumput laut terbesar di tahun 2008 lalu adalah Kabupaten Muna dengan jumlah produksi 232.351 ton, menyusul Kabupaten Buton sebanyak 148.245 ton, Kabupten Kolaka, 39.678 ton, dan posisi terakhir ditempati Kota Baubau dengan jumlah produksi sebanyak 33.532 ton.

Dijelaskan, penyebab meningkatnya produksi rumput laut karena masyarakat sudah menyadari bahwa dengan membudidayakan rumput laut, pertumbuhan ekonomi akan meningkat. Proses produksinya pun sangat mudah dibandingkan dengan budidaya lainnya.

“Masa pemeliharaan cepat, dan harga cukup baik. Apalagi ditunjang dengan potensi perairan Sultra sangat mendukung. Saya kira alasan seperti inilah sehingga prouksi rumput laut kita terus mengalami peningkatan”, beber Tri.

Untuk mempertahankan produksi, pemerintah provinsi terus menggagas beberapa kebijakan, antara lain, pencarian pasar, pengembangan kebun bibit, membuat budidaya percontohan, penyaluran bantuan teknologi, pencarian investor dan pengalokasian anggaran lintas sektor. *ARI.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: