Perambahan Hutan Bakau Muna Sangat Memprihatinkan

Media Sultra, Selekta 2010-08-11 / Halaman 12

Perambahan hutan bakau di Muna telah sampai tahap sangat memprihatinkan. Hal itu terlihat dari banyaknya kawasan hutan bakau yang saat ini “disulap” menjadi tempat pembiakan ikan dan udang atau empang.

Hasil identifikasi hutan bakau Dinas Kehutanan Muna sejak 26 April lalu menemukan di beberapa kecamatan yang berhutan bakau seperti Desa Kantomaho, Napabalano, terjadi pembukaan hutan seluas 30 hekter. Desa Lamanu, Kecamatan Kabawo, seluas 300 hekter yang dibagi dalam delapan titik perambahan, Desa Labulu-bulu, Parigi, seluas 120 hekter, Desa Oensuli, Kabangka dan Desa Mamuntu sampai saat ini belum diketahui secara jelas luas lahan yang telah dirambah.

Ternyata, perambahan bukan hanya menjadi empang. Hutan bakau di Kecamatan Lasalepa selain untuk empang, terjadi pembangunan jembatan dengan posisi diatas hutan bakau.

Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi pembahasaan perambahan hutan antara DPRD Muna, Dinas Perikanan, dan Kelautan Muna, Badan Lingkungan Hidup Muna serta Dinas Kehutanan Muna, Selasa (10/8).

Asisten I Pemda Muna, La Muda Rongga, mengatakan, tinggi perambahan itu akan dibahas pihaknya lebih lanjut. Namun kasus ini tak mengejutkannya, diakui olehnya masyarakat Desa Mamuntu sejak 2004 silam telah mengajukan pembuatan tambak rakyat di areal hutan bakau. Hanya saja Pemda belum mengakomodir karena tak ada dana.

Sementara itu Kabid Perencanaan Dishut Muna, La Sida mengatakan, pihaknya dalam waktu dekatakan menyelikinya dan akan dijadikan Pekerjaan Rumah (PR).

“Yang jelasnya dalam waktu dekat ini akan kami selidiki”, kata La Sida singkat. (Cr-7/Ms-2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: