Dinas Perikanan Sultra Raih Rp 148 Juta PAD

Kendari Ekspres, Ekobis Lokal 2010-08-11 / Halaman 2

Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Tenggara telah berhasil mengumpulkan uang retribusi sebesar  Rp 148 juta di semester pertama. Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang wajib dipenuhi kurang lebih Rp 300 juta.

“Sudah hampir setengahnya, ini terhitung bulan Januari hingga bulan Juni. Belum termasuk bulan Juli. Saya yakin sudah separuhnya”, kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Tenggara, Abdul Saban, Sabtu (7/8).

Hasil PAD terbesar disumbang dari tiga sub bidang. Pendapatan dari pengujian laboratorium sebagai penyokong utama kurang lebih 50 persen, sumbangan-sumbangan perusahaan perikanan 20 persen, dan UPTD balai benih ikan dan udang.

Sayangnya untuk sumbangan dari perusahaan dan UPTD penghasilannya menurun. Menyusul buruknya sarana balai benih, di Mata (Kendari) dan Punggaluku (Konawe Selatan). Sementara anggaran perbaikan terbatas”, kata Abdul Saban.

Sumbangan perusahaan ikan menurun terkait adanya perusahaan ikan yang tutup. Saat ini tinggal 5 unit yang masih beraktivitas di Kendari. Kegiatan ekspor ikan juga berkurang. Kondisi inilah juga yang menurunkan target PAD Dinas Kelautan dan Perikanan Sultra. Tiga tahun lalu target mencapai Rp 450 juta.

“Belum lagi kalau aturan baru berlaku, uji laboratorium tidak dikenakan biaya, semakin kecil tentunya pendapatan”, kata Abdul Saban.

Pada tahun 2008, produksi ikan Sultra mencapai 290 ribu. Sedangkan armada yang dimiliki mencapai ribuan. *CUK/ARI.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: