Wakatobi Raih Penghargaan Indonesia Green Award 2010

Kendari News.com, Bumi Anoa 2010-08-09

Bupati Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Ir Hugua, mendapat penghargaan Gold, kategori Best Indonesia Green City dari Majalah Bisnis & CSR  bekerjasama dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI).

Penghargaan itu diserahkan langsung Ketua DPD-RI Irman Gusman kepada Bupati Hugua dalam acara penganugerahan Indonesia Green Awards di Gedung Smesco UKM, Jakarta, Kamis (5/8/2010).

Presiden Direktur La Tofi Entreprise Media, La Tofi, selaku pemakrarsa kegiatan mengatakan penghargaan Indonesia Green Awards diberikan kepada lembaga pemerintah, LSM, perusahaan, media yang dinilai konsen dan turut berjuang menyelematkan mata rantai kehidupan.
“Green Award ini merupakan bentuk apresiasi terhadap pihak-pihak yang selama ini berjuang menyelamatkan mata rantai kehidupan. Baik itu pemerintah, perusahaan maupaun lembaga sosial non goverment,” ujar La Tofi, saat memberikan sambutan pada acara itu.

Ada 54 kategori  penghargaan Indonesia Green Awards yang diserahkan saat itu, diantaranya Green City yang diberikan kepada sebelas kabupaten/kota se Indonesia, Green Province untuk empat  provinsi, Green CSR bagi 14 badan usaha, Green Mining dan Green Perbankan.

Ketua Tim Juri Prof.  Ibnu Hamad, saat ditemui mengatakan parameter penilaian yang digunakan tim juri antara lain menitikberatkan pada kebijakan, aksi yang melahirkan dampak nyata yang positif  sebagai upaya mitigasi perubahan iklim. Pemanfaatan air secara bijak, penghematan energi hingga pemanfaatan energi alternatif,  pengembangan keanekaragaman hayati, dan penerapan konsep green building. “Kami menelaah sisi kualitas pekerjaan. Apakah sudah bekerja, bekerja keras, atau sangat bekerja keras,” ungkap Prof. Ibnu Hamad yang juga tercatat sebagai guru besar Fisip Universitas Indonesia.

Bupati Wakatobi Ir. Hugua  mengatakan penghargaan yang diterima prinsipnya hasil kerja keras semua pihak, terutama kesadaran masyarakat dan dukungan seluruh instansi yang ada di Wakatobi untuk terus-menerus melakukan aksi nyata penyelamatan lingkungan. “Bagi kita makna dari penghargaan ini adalah kita dituntut semakin bekerja keras melakukan rehabelitasi lingkungan dan menjaga kelestarian terumbuh karang yang ada di wakatobi.

Dari 11 Kabupaten/Kota yang menerima penghargaan Green City diantaranya Bontang, Wonosobo, Jakarta Selatan, Balikpapan, Probolinggo, Raja Ampat, Berau, Wonogiri dll.  Kabupaten Wakatobi berhasil meraih Tingkatan Gold dan menjadi salah satu wakil dari kawasan Indonesia Timur yang berhasil meraih penghargaan Indonesia Green Award 2010 .

Sementara, Menteri Negara Lingkungan Hidup,  I Gusti Muhammad Hatta dalam sambutan yang hanya bisa disiarkan oleh panitia, menyambut baik acara penganugerahan Green Award yang digagas managemen La Tofi. Menurutnya, lingkungan yang bersih, sehat dan berkelanjutan merupakan hak asasi setiap manusia yang sudah seharusnya dijaga dan dilestarikan.  (fri)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: