Pemkot Bentuk Badan Pengerukan Teluk

Kendari Pos, Metro 2010-08-06 / Halaman 11

Gagal pengerukan teluk Kendari, tahun lalu, pemerintah kota (Pemkot) kembali merencanakan ulang. Kini, Pemkot berencana membentuk badan pelaksana pengerukan Teluk Kendari. “Setahu kami operasi masin pengeruk teluk akan kembali dianggarkan pada 2011 nanti, mengingat perakitan mesin sudah hampir tuntas. Tinggal pengujian try and trouble sedikit sehingga masih butuh pengempurnaan”, kata Walikota Kendari Asrun, kemarin.

Katanya, tambahan anggaran untuk operasional mesin pengeruk teluk, lebih hemat dinading sewa mesin dari luar yang mencapai Rp 40 miliar. “Kedepannya kami juga akan mengkomunikasikan hal ini dengan gubernur. Karena teluk harus menjadi perhatian semua pihak. Bahkan, jika perlu akan kita bentuk badan pelaksana”, ungkapnya.

Jika anggaran 2009 yang disetujui dewan, merupakan anggaran perakitan mesin, sehingga untuk operasionalnya masih membutuhkan anggaran lagi. “Mesin pengeruk sedang beroperasi, tetapi kami akui belum maksimal. Pasalnya masih butuh penyempurnaan, mengingat masin pengeruk tersebut merupakan sampel untuk bisa diduplikasi jika berhasil dirakit dan beroperasi”, tandasnya.

Di tempat terpisah Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari, Aladin, mengakui jika pada 2011 nanti, pihaknya berencana untuk kembali menganggarkan mesin pengeruk teluk. “Kabarnya mesin pengeruk telah dipindahkan ke Wanggu, dalam waktu singkat akan kami kunjungan lapangan, tetapi perlu diingat jika penganggarannya mesin pengeruk teluk Kendari pada tahun sebelumnya bukan berkenaan dengan hasil pengerukan, lebih kepada pengadaan mesin. Berdasarkan diskusi kami dengan Pemkot, kendalanya mesin masih bisa diperbaiki jika diberi tambahan dana”, akunya beberapa waktu lalu sesuai kunjungan ke Dinas PU.

Politisi yang dikenal bersuara lantang ini menjelaskan jika mesin pengeruk teluk yang dianggarkan Rp 1,3 miliar, belum layak menyedot lumpur yang kubikasinya lebih besar. “Ada dua alternatif diberikan oleh Kadis PU Kota Kendari, yaitu mendatangkan mesin dari luar atau memperbaiki mesin yang ada. Karena itu kami memutuskan akan kembali dianggarkan pada 2011 nanti, mengingat pada 2010 ini tidak dianggarkan pasalnya kondisi anggaran yang tidak memungkinkan”, jelasnya. (cr6)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: