10 Ton Lebih Nila Diracun

Kompas, Nusantara 2010-08-06 / Halaman 28

Puluhan petani ikan budidaya di Kabupaten Musi Rawas dan Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, rugi ratusan juta rupiah. Lebih dari 10 ton nila mati mendadak. Polisi, yang dua hari ini melakukan olah tempat kejadian perkara, menduga kuat penyebab kematian akibat air kolam diracun jenis potas dan tiodan.

Berdasarkan informasi dari petani, dinas perikanan, dan polisi, Kamis (5/8), kolam budidaya ikan nila berada di sepanjang saluran air irigasi dari Desa Tegalrejo, Tugumulyo, Musi Rawas, hingga ke Kelurahan Ekamarga dan Karangketuan, Kecamatan Lubuk Linggau Selatan, Kota Lubuk Linggau.

Kematian mendadak ikan nila terjadi sejak Rabu (4/8) hingga Kamis kemarin. Tercatat sekitar 25 petani merugi.

Tarmizi (38), petani Desa Tegalrejo, saat dikonfirmasi dari Palembang mengatakan, dia dan Usman Saleh menderita kerugian besar. Tarmizi harus kehilangan 200 kilogram (kg) ikan nila berusia dua bulan. Jumlah ikan mati di kolam Usman Saleh 5 ton.

Usman Saleh menuturkan, ia sempat menyaksikan kematian ribuan ekor ikan nila di kolam ke 20-25. Awalnya ikan-ikan gelisah, lalu berloncatan ke permukaan air. Kemudian ikan mati dan mengapung ke permukaan air.

Kerugian materi petani belum dipastikan, tetapi diperkirakan ratusan juta hingga miliaran rupiah. Hal ini mengacu pada harga jual di pasaran Rp 15.000 per kg.

Petugas gabungan dari Polsek Tugumulyo dan Dinas Perikanan Kabupaten Musi Rawas datang ke kolam milik petani untuk mengumpulkan keterangan dari petani dan warga lain serta mengambil sampel air kolam dan beberapa ikan mati.

Menurut Kapolsek Tugumulyo Ajun Komisaris Edi Sunarto, pihaknya memastikan, penyebab kematian ikan adalah racun yang larut di dalam air. (ONI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: