PotensiMinyak Bumi di Wakatobi Tidak Akan Dieksploitasi

Media Sultra, Selekta 2010-08-05 / Halaman 12

Potensi minyak bumi yang terkandung didasar laut Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, tidak akan pernah dieksploitasi kecuali seluruh cadangan minyak di seluruh dunia sudah habis terkuras.

“Saya pernah dipanggil di Kementerian Pertambangan dan ESDM untuk membicarakan pengelolaan blok minyak di Wakatobi. Saya bilang sama pak Menteri, jangan dulu kita memikirkan blok minyak di sana (Wakatobi) sekarang. Kalau nanti semua sumur minyak di dunia sudah kering baru kita pikirkan blok minyak Wakatobi”, kata Bupati Wakatobi Hugua di Kendari, Rabu (4/8).

Bupati menyampaikan pernyataan tersebut menjawab kekhawatiran para aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) bidang lingkungan bahwa saat ini blok minyak di Wakatobi sedang direncanakan Kementerian Pertambangan dan ESDM, untuk dieksploitasi.

Menurut para aktivis LSM lingkungan, jika rencana pemerintah mengeksploitasi blok minyak di Wakatobi tersebut benar-benar terwujud, maka akan membahayakan keselamatan Taman Laut Nasional, terutama terumbu karang dan berbagai jenis biota lautnya.

Terhadap kekhawatiran aktivitas LSM tersebut, Bupati Hugua menjamin selama dirinya masih menjabat bupati Wakatobi, pihaknya tidak akan pernah memberikan persetujuan untuk mengeksploiasi blok minyak Wakatobi, kecuali pengelola bisa menyambungkan pipa dari dasar laut Wakatobi ke bagian daratan pulau Buton atau daratan Sultra.

“Kalau blok minyak Wakatobi bisa disedot dengan menggunakan jaringan pipa seperti itu, silahkan dieksploitasi. Tapi jika tidak, jangan pernah berfikir mengambil minyak  dari dasar laut Wakatobi”, katanya. Menurut Hugua, kelestarian sumber daya alam laut Wakatobi jauh lebih berharga dibanding dengan blok minyak yang cadangannya di dasar bumi sangat terbatas.

“Cadangan minyak bumi, suatu saat akan habis terkuras. Kalau sumber daya kelautan diperlihara sebagai kawasan ekowisata, sampai dunia kiamat tidak akan pernah habis sebab para wisatawan menghasilkan devisa negara, tanpa mengambil apapun dari dalam”, katanya.

Makanya, ujar Hugua, kekayaan sumber daya laut Wakatobi Jauh lebih berharga, dibanding kandungan minyak yang tersedia karena suatu saat minyak akan habis. (OL-3/MI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: