600 Ribu Hekter Hutan Sultra Terancam

Kendari Pos, Metro Kendari 2010-08-05 / Halaman 9

Banjir dan longsor yang sering terjadi belakangan ini, diasinyalir karena kerusakan lingkungan terutama perambahan hutan. Tapi dengan kondisi tersebut, tampaknya Pemda dan Pemprov tidak sensitif. Buktinya, dari total 2,6 juta hektar luas hutan Sultra, 600 ribu hektar diantaranya diusul untuk perubahan fungsi dan perubahan status.

Kadis Kehutanan Sultra Amal Jaya, beralasan hal itu adalah pengakomodiran usulan dari kabupaten/kota se Sultra. Dari total luas hutan itu, usulan yang akan diturunkan (perubahan fungsi hutan) 300 ribu hektar dan yang akan diubah statusnya dari kawasan hutan menjadi kawasan Areal Penggunaan Lain-lain (APL) sekitar 300 ribu hektar juga.

Namun kata Amal jaya, pemerintah pusat saat ini lebih terfokus untuk menyelesaikan permsalahan lahan di daerah permukiman. Akibatnya, sangat kecil kemungkinan usulan Kabupaten/kota akan diakomodir semuanya oleh pusat. “Sekarang sedang dibahas tim terpadu, tapi sepertinya tidak akan sampai begitu (jumlahnya yang dikabulkan),” ujarnya.

Dari 600 ribu hektar luas hutan yang diusulkan, Amal Jaya berujar tersebar merata di 12 kabupaten/kota di Sultra. Yang terluas diusulkan adalah lahan-lahan transmigrasi yang sampai saat ini masih berstatus kawasan hutan. “Kecuali pemukiman yang sudah definitif, itu yang akan kita perjuangkan. Tapi kalau untuk kawasan perindustrian, belum menjadi fokus tim terpadu,”ungkapnya.

Hal itu termasuk pusat kawasan industri pertambangan yang digagas Gubernur. “Kawasan industri? Kita tidak bicara itu, karena nanti akan dibuat lagi Raperda penggunaan ruang dan pola ruang,” tukas Amal jaya. (cr2)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: