Lingkungan Bersih, Pembelajaran Kondusif

Kendari Pos, Edukasi 2010-08-02 / Halaman 14

Selain kesiapan fisik dan mental, suasana belajar mengajar juga harus didukung dengan kondisi lingkungan yang bersih. Pasalnya, dalam suasana demikian, kita dapat lebih konsentrasi melakukan pembelajaran. Siswa dapat lebih mudah memahami materi yang diberikan, gurupun dapat lebih rileks memberikan materi belajar kepada siswa. Hal itu diungkapkan Kepala Sekolah Berwawasan Lingkungan Sultra Tahun 2009, Milwan, S. Pd M. Pd.

Menurutnya, menjaga lingkungan sekolah dari sampah atau polusi udara, memberikan banyak efek positif. Tak hanya dalam kegiatan dan belajar mengajar, tetapi dalam  pengelolaan lingkungan  sudah mendukung program pemerintah untuk mengantisipasi global warming.

Lingkungan, kata Kepala SMPN 17 Kendari itu, harus mendapat penanganan serius. Jika tidak dikelola dengan baik, tentunya akan berdampak negatif bagi kelestarian hidup manusia maupun mahluk hidup lain di bumi. Olehnya itu kata Milwan, seluruh sekolah diharap memelihara keindahan dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Mulai dari penataan halaman, pengelolaan sampah hingga pemanfaatan barang-barang bekas  di lingkungan sekolah.

“Lomba kepala sekolah berwawasan lingkungan sangat efektif dilaksanakan di jenjang pendidikan. Lebih-lebih jika kepala sekolah sadar akan pentingnya lingkungan terhadap proses belajar mengajar di kelas, otomatis akan menambah semangat siswa untuk belajar dan gurupun tidak akan  jenuh  di sekolah,” terangnya.

Bukan hanya itu, dengan adanya kesadaran kepala sekolah untuk melestarikan lingkungan dan menjaga kebersihan sekolah juga memberi pembinaan edukatif kepada siswa, betapa besarnya peran lingkungan dalam kehidupan, serta apa yang harus dilakukan untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat. Tentunya juga dengan pembekalan, bahwa sampah pun bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berguna. (cr5)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: