Investor Korea Akan Bangun Pabrik Permen Coklat di Kolaka

Media Sultra, Ekonomi 2010-08-02 / Halaman 2

Investor asal negeri Ginseng rencananya akan membangun pabrik permen coklat di Kabupaten Kolaka, dalam waktu dekat ini. Hal ini diungkapkan Ketua Dewan Penasehat Induk PUDKUD, Budi Santoso yang didampingi Ketua Dewan Pengawas PUSKUD Sultra Mahmud Hamundu di Kendari, Minggu (1/8).

“Kalau untuk permen coklat, investor Korea siap membangun di sini. Saya sudah komunikasi dengan mereka dan tentu tinggal melihat kepasitas para petani kita melalui pemberdayaan KUD agar meningkatkan kapasitasnya”, katanya.

Ketua Dewan Pengawas PUSKUD Sultra Mahmud Hamundu mengungkapkan, potensi pengembangan industri kakao di Sultra sangat menjanjikan apalagi ketersediaan bahan baku dan sebagai salah satu daerah penghasil kakao terbesar di Indonesia. Selain dapat meningkatkan kesejahteraan para petani dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Sultra keseluruhannya, juga dapat menyerap tenaga kerja.

Langkah awal PUSKUD beserta para investor kali ini yaitu melihat dan memastikan letak pembangunan pelabuhan kontainer untuk mendukung infrastruktur yang rencananya akan dibangun di Kabupaten Kolaka.

“Pertama kita harus punya pelabuhan khusus kontainer dulu, untuk menunjang transpotasi produk kita. Dan melihat kemampuan Koperasi kita untuk mensuplai kebutuhan kakao industri nanti”, kata mantan rektor Unhalu itu. (Cr-5/Ms-5)

Advertisements

One Response

  1. wah nice info, go sultra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: