Illegal Logging Diduga Libatkan Jaringan Khusus

Kendari Ekspres, Buton Raya 2010-08-02 / Halaman 15

Illegal Logging yang diduga marak terjadi di kawasan hutan lindung antara Ronta-Maligano diduga melibatkan jaringan khusus yang melibatkan aparat.

Jaringan pencurian kayu tersebut cukup rapih dalam menjalankan aksinya sehingga tak jarang yang bisa tertangkap. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua DPRD Butur, Hajaruddin kepada Kendari Ekspres, beberapa hari lalu.

Menurut dia, jaringan khusus yang melakukan pencurian kayu pada kawasan hutan lindung tersebut pada umumnya mengincar  jenis kayu pada gito-gito (kayu hitam) adalah kayu dengan kualitas paling teratas. “Kayu gito-gito pada umumnya, itu terjadi antara Ronta-Maligano kayu ini kelasnya paling teratas apalagi dengan harga paling mahal”, ungkap Hajarudin.

Dia sangat berharap agar pihak aparat lebih serius memberantas jaringan illegal logging tersebut. “Saya sudah banyak menerima laporan masyarakat”, katanya.

Hajarudin menghawatirkan jaringan khusus tersebut dilakukan secara bernatai hingga diduga melibatkan aparat di daerah dan berlangsung cukup lama. “Yang kita khawatirkan ada kejahatan berantai yang diduga melibatkan aparat. Dan ini jelas, tidak akan mungkin ada izin”, jelasnya.

Hajarudin menceritakan, peluang untuk terjadinya illegal logging di kawasan tersebut cukup besar. Selain pengawasan pihak terkait tidak ketat, pelakunya juga diduga melibatkan orang-orang besar yang memiliki pengaruh. “Kayu-kayu itu biasa dikirim keluar negeri melalui jalur antara pulau. Memang informasi dari masyarakat ada juga yang dikirim melalui Moramo”, kata Hakarudin.

Dia sangat berharap kepada aparat penegak hukum untuk segera mengambil tindakan menghentikan aktivitas pencurian kayu di wilayah tersebut. “Dengan melibatkan aparat, saat saya menjadi kepala desa di situ, kita pernah tangkap aparat yang main kayu di situ”, ujar Hajarudin. *R3/B/DUL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: