Ratusan Hekter Kebun Coklat Terendam Banjir

Kendari Pos, Bumi Anoa 2010-07-31 / Halaman 5

Tak hanya membawa berkah, hujan ternyata juga merusak banyak fasilitas publik dan jerih payah petani. Ratusan hektar perkebunan cokelat termasuk jalan umum dan usaha tani di Kecamatan Basala, misalnya. Akibat banjir dan genangan air hingga setinggi orang dewasa tersebut, perkebunan menjadi rusak dan tidak dapat berproduksi lagi. Kerusakan itu karena kebun cokelat terendam sejak beberapa pekan dan akhirnya menimbulkan kerugian.

” Untuk tembus ke jalan umum saja, Kami harus menggunkan perahu dari Kecamatan Basala ke perbatasan Kecamatan Benua. Luapan hujan yang menyebabkan banjir di sunggai Lambandia tersebut menggenangi perkebunan warga,” ujar Sahrun, warga Basala, kemarin.

Menurut Anggota DPRD Konsel itu,  perkebunan cokelat milik warga dipastikan sudah tidak akan produktif karena akar hingga batang tanaman jangka panjang itu telah membusuk. ” Biasanya banjir di Basala lewat begitu saja. Tetapi sekarang sudah menggenang dan waktunya lebih lama,” katanya. Sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihan Kecamatan Basala dan Benua itu, Ia berjanji akan melaporkan gejala alam tersebut ke pemerintah setempat. ”Diharapkan daerah segera melakukan penanganan, khususnya pembuatan saluran air yang muaranya ke Sungai Lambandia,” katanya.

Mantan Kepala Desa Lere, Kecamatan Basala ini mengaku, selain perkebunan cokelat yang rusak, beberapa fasilitas lainnya seperti jalan dan jembatan pun ikut kena imbas. ” Saat ini jalan menuju Basala atau sebaliknya menuju ke Kecamatan Lalembuu dan Benua tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Untuk roda dua saja sangan susah, itu pun harus dinaikkan ke perahu untuk  diseberangkan,” tandasnya. (era/cok)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: