Hasil Uji Kerang beracun Diserahkan ke Baubau

Media Sultra, 2010-07-31 / Halaman 1

Kasus kerang laut beracun yang menyebabkan meninggalnya dua warga Desa Lakapera, Kecamatan Gu, kabupaten Buton, telah selesai dilakukan pengujian oleh pihak laboratorium Balai Penelitian Obat dan Makanan (BPOM) Sulawesi Tenggara (Sultra) dan hasilnya telah diserahkan kembali di Dinas Kesehatan (Dinkes) Baubau.

Kepala Sertifikasi dan Layanan Konsumen BPOM Sultra, Fauziah, mengatakan, hasil uji kerang beracun itu sejak tanggal 20 Juli telah diserahkan ke Dinkes Baubau. Pihak Balai POM sendiri tak bisa mempublikasikan hasil uji laboratirium itu. Pasalnya, pihak Balai POM bukan yang melakukan sample.

“Kami hanya diberikan sampel oleh dinas terkait dan hasilnya akan diumumkan oleh dinas yang melakukan sampel yaitu Dinkes Baubau”, katanya saat ditemui BPOM Sultra, Jumat (30/7).

Fauziah juga mengatakan, menurut standar Operasional Prosedur (SOP), pihaknya tidak punya kewenangan mengeluarkan hasil karena hanya melakukan uji saja. Hasil uji tersebut setelah dikembalikan di Dinkes selanjutnya akan dilakukan kerja sama dengan pihak terkait untuk kemudian diumumkan.

Sebagaimana diberitakan Media Sultra (27/7), satu keluarga di Desa Lakapera, Kecamatan Gu, Buton, keracunan usai mengkonsumsi kerang laut, Sabtu (24/7). Akibatnya, dua tewas dan tiga lainnya masih kritis.

Warga yang keracunan yakni, La Deu (50) Kepala Keluarga dan anaknya Wagonto (12) meninggal. Sedangkan Wanai (45) istri, dan anaknya yakni La Rudi (13) La Haji (3) masih kritis.

Sumber Media Sultra menyatakan, La Deu pada hari naas itu mencari kerang di sekitar Teluk Lasongko. Meski warga setempat telah memperingatkan namun korban tak mengindahkannya. (M-1/Ms-2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: