Alihkan Pencungkil Karang Jadi Pedagang Sembako

Kendari Ekspres, Buton Raya 2010-07-29 / Halaman 16

Wakatobi adalah Kebupaten kepulauan yang memiliki sektor andalan kelautan perikanan dan pariwisata. Luas wilayahnya 1.390.000 Ha, terdiri dari 97% laut dan 3% daratan. Wakatobi mempunyai tingkat keanekaragaman hayati bawah laut yang sangat tinggi. Terdapat 942 spesies ikan, 90.000 Ha luas terumbu karang, 750 spesies karang dari 850 spesies karang dunia. Daerah ini memiliki 39 pulau, tiga gosong dan lima atol. Terletak tepat di pusat segi tiga karang dunia yang akrab dikenal dengan coral reff triangle.

Kegiatan yang dilakukan Coremap II Wakatobi diantaranya sosialisasi program, pengangkatan para pendamping dilapangan seperti Senior Extension and Training Officer (SETO), Community Fasilitator (CF), dan masih banyak lagi kegiatan lainnya.

Salah satu LKM yang mengelola dana seed fund adalah LKM Rondo Meha. Sejak terbentuknya LKM ini hingga kini jumlah anggotanya mencapai 43 orang dan didominasi kaum perempuan.

Nur Abe, salah seorang warga di Kelurahan Onemay Kecamatan Tomia. Ia salah seorang yang merasakan manfaat Coremap II Wakatobi yang dikelola oleh LKM Rondo Meha Kelurahan Onemay.

“April tahun tahun 2008, saya meminjam uang sebesar Rp 500.000 di LKM Rondo Meha dengan cicilan Rp 55.000 per bulan, lalu saya belikan makanan ringan, selain itu juga barang seperti sabun, mie instan, permen, kemudian saya jualan kecil-kecilan di rumah”, jelas Nur Abe yang kini hidup ditemani ayahnya.

Setelah pinjamannya selesai ia meminjam kembali untuk menambah modalnya demi membeli bibit bawang merah untuk ditanam di lahan kebunnya.

Sementara Hajira mengaku kedua perempuan di atas itu merupakan anggota dari LKM Rondo Meha yang selalu aktif dalam setiap pertemuan. Sejak bergabung di LKM, mereka telah mampu membantu meringankan keluarganya.

Dana seed fund merupakan dana bergulir dari program Coremap II Wakatobi yang disalurkan ke LKM. Dana bergulir itu disosialisasikan pada tahun 2007 bersamaan dengan dana Village Grant, Pondok Informasi dan Kegiatan Coremap II lainnya”, ungkap Hajira yang juga dimanahkan Program Coremap II Wakatobi sebagai motivator desa (MD) di Kelurahan Onemay.

“Setelah sosialisasi, tahun 2008 tepatnya tanggal 30 Maret 2008, kami membentuk Lembaga Keuangan Mikto (LKM) yang bernama Rondo Meha, dari lembaga inilah yang menggulirkan dana seed fund ke masyarakat Kelurahan Onemay, yang mana dibagi dalam tiga dusun yakni Dusun Masyrik, Gaya Baru dan Bente”, pungkasnya. *R1/B/DUL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: