Warga Tolak Kehadiran PT. BKM

Kendari Pos, Bumi Anoa 2010-07-28 / Halaman 5

Aktivitas PT. Bumi Konawe Minerina (BKM) yang mengelola tambang nikel di Desa Mowunda, Kecamatan Molawe, Konawe Utara dipastikan tak berjalan mulus. Gejolak kini timbul. Ada 36 warga yang mengaku sebagai pemilik 142 hektar lahan tambang, menolak kehadiran investor tersebut. Kehadiran PT. BKM dianggap menyerobot lahan masyarakat dan tidak pernah melakukan sosialisasi. Kahar, salah seorang pemilik lahan mengutarakan, PT. BKM masuk di Desa Mowunda tahun 2008 lalu dengan mengantongi izin eksplorasi. Perusahaan tersebut kemudian mempekerjakan masyarakat pemilik lahan dengan janji disertakan sebagai pemilik saham.

” Janji tinggal janji. Masyarakat sudah bosan dengan janji PT BKM. Bahkan gaji sebagian masyarakat yang menjadi karyawan belum dibayarkan,” ketus  Kahar yang mengaku memiliki lahan seluas empat hektar. Oktober 2008 PT. BKM berhenti melakukan aktivitas. Namun awal 2010, perusahaan tersebut kembali melakukan kegiatan dilahan masyarakat, tanpa melakukan sosialisasi. Sebanyak 36 pemilik lahan menolak kehadiran perusahaan tersebut. Bentuk penolakannya, dengan menyita alat penambangan perusahaan tersebut. Melalui rembuk desa, warga lalu menguasakan persoalan itu kepada Syarifuddin Amor, SH untuk memperjuangkan hak-hak mereka.

” Masyarakat ingin mengelola sendiri lahannya dan tak ingin ada ganti rugi dari perusahaan itu. Jika PT. BKM ingin melakukan aktivitas di lahan masyarakat, bisa saja. Namun harus disertakan sebagai pemilik saham,” kata Syarifuddin. Permintaan masyarakat itu, sesuai dengan aturan yang berlaku. Usaha komunikasi dengan pihak PT. BKM sebenarnya sudah coba dilakukan namun tidak ada jawaban pasti. para pemilik lahan pun meminta Pemkab Konawe Utara merevisi izin pertambangan perusahaan tersebut. ” Kalau Agustus nanti masih melakukan kegiatan, masyarakat akan mengusir paksa,” ancam pengacara itu. (awn)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: