Hujan Terpengaruh Kondisi Tekanan Rendah

Kompas, Lingkungan & Kesehatan 2010-07-28 / Halaman 13

Hujan di wilayah Jawa bagian barat, termasuk di wilayah Jakarta dan sekitarnya, Selasa (27/7), memiliki durasi yang tergolong paling tinggi selama musim kemarau tahun ini. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menengarai, hujan dengan intensitas ringan dan sedang ini terpengaruh kondisi tekanan rendah atmosfer di wilayah Sumatera bagian barat.

Kondisi tekanan rendah yang mengakibatkan akumulasi awan itu berada pada koordinat berkisar 90-100 derajat Bujur Timur dan 5-10 derajat Lintang Selatan. Diperkirakan, dalam dua hingga tiga hari ke depan masih tetap memengaruhi hujan di wilayah Sumatera hingga Jawa di bagian barat.

”Matahari sekarang berada di utara ekuator, biasanya menimbulkan kondisi tekanan rendah akibat panas matahari di utara ekuator juga. Tetapi, saat ini terjadi variabilitas kondisi tekanan tersebut di selatan ekuator,” kata Kepala Bidang Informasi Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Mulyono Prabowo, kemarin di Jakarta.

Menurut Mulyono, kondisi tekanan rendah juga bisa menimbulkan siklon tropis. Namun, tekanan rendah di Sumatera bagian barat diperkirakan tidak sampai berpeluang menimbulkan siklon tersebut.

Hal ini dipertegas Kepala Subbidang Siklon Tropis BMKG Fachri Radjab bahwa belum ada peluang terjadinya siklon tropis. Tekanan rendah lainnya juga berada di Laut Indochina Selatan.

”Tekanan rendah di pantai Vietnam itu sedang menuju ke daratan sehingga diperkirakan tidak akan sampai berkembang menjadi siklon tropis yang biasanya muncul di wilayah perairan laut,” kata Mulyono. (NAW)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: