“Trust Fund” Diharap Lebih Cepat

Kompas, Lingkungan & Kesehatan 2010-07-27 / Halaman 12

Ketua Unit Kerja Presiden untuk Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan Kuntoro Mangkusubroto berharap, badan khusus atau trust fund yang mengelola bantuan dari Pemerintah Norwegia senilai 1 miliar dollar Amerika Serikat segera terbentuk.

Kecepatan pembentukan badan khusus itu akan menunjukkan kesiapan pemerintah menjalankan program mengurangi emisi dari deforestasi dan degradasi hutan (Reducing Emissions from Deforestation and Degradation/REDD+) itu.

Hal itu diungkapkan Kuntoro, mantan Ketua Badan Rekonstruksi dan Rehabilitasi Nanggroe Aceh Darussalam dan Nias, Sumatera Utara, seusai bertemu Wakil Presiden Boediono di Istana Wapres, Jakarta, Senin (26/7). ”Saya dengar satu atau dua bulan lagi baru terbentuk. Sebaiknya lembaga keuangan terbentuk lebih cepat untuk menunjukkan kesiapan kita menjalankan program tersebut,” ujar Kuntoro.

Menurut dia, lembaga keuangan itu masih dikaji di bawah Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa.

Menurut dia, ada tiga tahap kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Norwegia melalui letter of intent (LOI) yang ditandatangani Mei lalu di Norwegia.

Tahap pertama, Juni-Desember 2010, Indonesia harus membentuk badan khusus guna menjalankan program REDD+ di lokasi proyek percontohan.

Tahap kedua, Januari 2011-Desember 2013, pemerintah akan fokus pada penguatan kapasitas, penyusunan, dan implementasi kebijakan serta membangun sistem pengawasan, pelaporan, dan verifikasi tier 2. Pada tahap ini, dihentikan konversi hutan alam dan gambut di lokasi proyek. Tahap ketiga, Norwegia membayar tunai penurunan emisi pada 2013. Indonesia akan belajar dari Brasil, yang bekerja sama dengan Norwegia sejak 2007, dan menerima dana sebesar 200 juta dollar AS. (har)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: