Hujan, Mokodompit Tergenang Seharian

Kendari Ekspres, Metro Ekspres 2010-07-27 / Halaman 10

Akibat hujan deras yang mengguyur Kota Kendari pada Sabtu (24/7) malam, beberapa ruas jalan di Kota Kendari tergenang air. Salah satunya di jalan HEA Mokodpmpit Kampus Baru Unhalu, tepatnya di depan Kantor Badan Pertahanan Nasional (BPN) Kota Kendari. Genangan itu membuat arus lalu lintas di jalan teersebut terganggu. Rumah-rumah warga pun jadi sasaran air.

“Ini (genangan air,red) sudah agak turun. Kalau tadi malam, tinggi genangan sampai setengah meter”, kata Kamaruddin yang sedang menghalau air dalam rumahnya. Rumah Kamaruddin juga ikut tergenang. Akibatnya, alat-alat rumah tangga seperti kulkas dan lemari televisi, ikur tergenhang, Senin (26/7), kondisi jalan berangsur normal. Namun, genangan yang kerap terjadi di jalan tersebut mengakibatkan jalan menjadi rusak parah.

Kamaruddin yang juga pemilik salah satu bengkel seputaran Kantor BPN Kota Kendari, mengatakan, genangan terjadi akibat luapan air selokan yang tidak dapat menampung air hujan. Apalagi, hujan terjadi bersamaan dengan air pasang sehingga aliran Kali Wanggu meluap hingga di rumah warga.

Selain itu, menurut Kamaruddin, air meluap ke bahu jalan dan menggenangi beberapa rumah warga sekitar karena sistem drainase yang tidak bagus. “Bagaimana mau tidak tergenang, deuker di sana dibangunkan tempat pembuangan sampah”, kata Kamaruddin sambil menunjuk ke arah salah satu bak sampah produk pemerintah Kota Kendari.

Pantauan Kendari Ekspres Minggu (25/7) malam, genangan masih terjadi. Namun sudah mulai surut bila dibanding saat hujan turun. Genangan tersebut dimanfaatkan para sopir angkutan kota (angkot) mencuci kendaraan. *CR4/B/HEN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: