Burung di Kebun Raya Tinggal 50 Jenis

Kompas, Metropolitan 2010-07-25 / Halaman 4

Burung-burung yang ada di Kebun Raya Bogor saat ini diperkirakan tinggal 50 jenis. Padahal, tahun 2006, jenis burung di situ masih 90 jenis. Berkurangnya jenis burung tersebut diduga karena makin berkurangnya lahan terbuka hijau yang ada di Kota Bogor. Lahan terbuka hijau berfungsi sebagai pendukung kehidupan satwa bagi Kebun Raya Bogor.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Pengembangan Komunikasi dan Bisnis Burung Indonesia Henny M Sembiring di sela acara Hunting Foto Burung di Kebun Raya Bogor, Kota Bogor, Sabtu (24/7) siang.

Lomba foto yang diikuti fotografer alam liar dari Jabodetabek tersebut diadakan komunitas Burung Indonesia untuk memperingati hari ulang tahunya yang ke-8. Komunitas Burung Indonesia adalah organisasi nirlaba yang bergerak dalam pelestarian burung liar Indonesia dan menjalin kemitraan dengan Bird Life International yang berkedudukan di Inggris.

”Dari hasil pemantauan Burung Indonesia Juli ini, terpantau ada sekitar 50 jenis burung di Kebun Raya Bogor. Tahun 2006 masih ada 90 jenis burung yang terpantau. Kami masih belum punya data pasti penyebab berkurangnya jenis burung di sini. Dugaan kami karena pakan burung di sini mulai berkurang akibat kawasan hijau di Kota Bogor berkurang dan kualitas air Sungai Ciliwung semakain menurun,” kata Henny.

Fahrul Paja Amama, humas Burung Indonesia, menambahkan, Indonesia merupakan salah satu Negara Mega Bird Diversity. Dari sekitar 10.000 jenis burung di dunia, sebanyak 1.599 jenisnya terdapat di Indonesia. ”Namun, jenis burung yang terancam punah pun cukup banyak, mencapai 117 jenis,” ujar Fahrul. (RTS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: