Warga Dikerahkan Atasi Api

Kompas, Nusantara 2010-07-22 / Halaman 23

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menerjunkan 260 personel dari tim Manggala Agni untuk memadamkan puluhan titik api di sejumlah wilayah. Keterbatasan personel membuat upaya pemadaman harus dibantu warga dan tim pemadam kebakaran dari wilayah setempat.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Alam Sumatera Selatan Yulizar Dinoto, Rabu (21/7) di Palembang, upaya pemadaman titik api difokuskan ke Kota Palembang, Kabupaten Ogan Ilir, dan Kabupaten Musi Rawas. Saat ini, di pinggiran Kota Palembang hingga ke Ogan Ilir terdapat lebih dari 25 titik api di kawasan rawa gambut.

”Khusus di Musi Rawas, kami menerjunkan tim untuk memadamkan titik api akibat kebakaran di hutan produksi Kecamatan Muara Kelingi,” katanya.

Saat ini, tim Manggala Agni bersama warga berupaya mencegah api meluas ke areal perkebunan kelapa sawit dan karet.

Seperti diberitakan, Selasa (20/7), kebakaran melanda sekitar 20 hektar lahan dan hutan di Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas. Selain itu, lebih dari 20 titik api muncul di lahan rawa gambut Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Ilir.

Selain melibatkan warga sipil, upaya pemadaman api juga dibantu tim pemadam kebakaran dan relawan dari perusahaan perkebunan. Saat ini total ada sekitar 750 personel gabungan tersebar di 15 kabupaten/kota.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Alam Sumsel dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Kenten, enam kabupaten/kota yang dikategorikan rawan kebakaran lahan dan hutan meliputi Kabupaten Muara Enim, Musi Banyuasin, Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Musi Rawas, dan Kota Palembang.

Berdasarkan hasil pemantauan citra satelit BMKG, lebih dari 30 titik api muncul di Sumatera Selatan.

Menurut Kepala BMKG Stasiun Kenten M Irdham, upaya pemadaman titik api harus dilakukan sejak sekarang mengingat mayoritas lokasi berada di lahan gambut di jalan lintas timur. Jika tidak, dikhawatirkan hal itu mengganggu arus lalu lintas. ”Titik api ini berpotensi meluas. Prakiraan cuaca BMKG menunjukkan ada angin kencang berkecepatan 5-12 knot.” (ONI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: