Kualitas Jalan Butur Memprihatinkan

Kendari Pos, Bumi Anoa 2010-07-22 / Halaman 5

Pembangunan ruas jalan penghubung Maligano-Ronta dan Ereke-Ronta sepanjang 90 kilometer, justru semakin rusak dan terbengkalai. Meski kondisinya demikian, namun Kadis PU Butur, Hado Hasina tetap punya argumen untuk menjawab sorotan tersebut. Ia mengaku, kualitas pembangunan ruas jalan tersebut memang rendah hingga akhirnya menjadi cepat rusak. Dana daerah yang minim menjadi faktor yang disalahkan.

” Idealnya setiap kilometer jalan itu lebih dari satu miliar rupiah. Tapi kita setiap cuma setengah miliar saja. Sudah pasti kualitas jalan itu rendah dan cepat rusak. Kita memang belum lanjutkan perbaikan jalan Ereke-Ronta dan Ronta-Maligano karena hujan,” argumen Hado, kemarin. Ia tetap bisa berjanji akan merampungkan pembangunan jalan itu di akhir tahun 2010 ini. ” Sisa dana lima persen dari total anggaran sekitar sembilan miliar rupiah dari proyek tersebut masih kita tahan di kas daerah. Jika sudah musim panas, perbaikan dan pengerasan ruas jalan penghubung itu akan dilanjutkan lagi,” tandas Kadis PU.

Di tempat terpisah, anggota Laskar Merah Putih Pemuda Butur, Ilham menyindir alasan Kadis PU Butur tersebut dan menganggap hanya sebagai jawaban yang dicari-cari. ” Alasan Kadis PU Butur kalau dana minim itu bentuk lari dari tanggung jawab. Yang salah itu bukan dananya, tapi bestek dan perencanaan awal pembangunan jalan tersebut telah menyalahi aturan. Apalagi Kadis PU katakan dananya sisa lima persen. Sementara jalan yang dibangun hampir setahun tambah hancur. Kalau cuma itu sisa dananya, apa yang bisa dikerjakan, sementara fisik jalan harus dibangun kembali dari nol,”  kata Ilham.(tri)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: