Lahan Bekas Tambang Bisa Jadi Kebun Kelapa Sawit

Kompas, Nusantara 2010-07-20 / Halaman 23

Pemerintah diminta tak hanya menggagas moratorium atau jeda sementara konversi hutan dan lahan gambut menjadi perkebunan. Di tengah upaya moratorium yang ditentang petani kelapa sawit, pemerintah diminta mempertimbangkan upaya menjadikan lahan eks pertambangan menjadi kebun kelapa sawit.

Direktur Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Witjaksana Darmosarkoro, Senin (19/7) di Medan, menyatakan, daripada mempertentangkan keinginan memperluas kebun sawit dengan keinginan menghentikan upaya konversi hutan, pemerintah sebaiknya memikirkan langkah optimalisasi lahan-lahan terbengkalai, seperti bekas tambang. Menurut Witjaksana, dari hasil penelitian PPKS, sebenarnya lahan bekas tambang yang cukup luas, bila diolah, bisa dijadikan perkebunan kelapa sawit.

Menurut Witjaksana, upaya mereklamasi lahan bekas tambang menjadi perkebunan kelapa sawit bisa membantu ekstensifikasi lahan di tengah tekanan terkait moratorium konversi hutan. Dia mengatakan, penolakan petani kelapa sawit terhadap upaya moratorium bisa dipahami jika melihat tingkat kesejahteraan petani.

Peneliti agronomi di PPKS, Edy Sigit Sutarta, menuturkan, PPKS beberapa waktu lalu mengambil contoh tanah bekas pertambangan timah di Bangka Belitung. ”Setelah aktivitas pertambangan, biasanya yang tersisa hanya pasir. Namun, dengan perlakuan khusus, tanah itu bisa ditanami kelapa sawit,” ujarnya.

Menurut Edy, lahan bekas tambang batu bara juga bisa dimanfaatkan menjadi perkebunan kelapa sawit. ”Lahan bekas pertambangan, jika dibiarkan begitu saja untuk waktu lama, ada sifat tanah yang kembali. Sedangkan jika dibantu dengan perlakuan khusus, seperti penambahan soil conditioner ( bahan pemulih tanah), biasanya lahan bisa segera ditanami,” katanya.

PPKS, menurut Edy, menjamin lahan bekas tambang yang mendapat perlakuan khusus untuk menjadi perkebunan kelapa sawit bisa menghasilkan. ”Memang tidak sebagus di lahan organik, tetapi tanaman tetap bisa berproduksi,” katanya. (BIL)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: