Gelombang Perairan Sultra Capai Empat Meter

Media Sultra, Selekta 2010-07-20 / Halaman 12

Badan Metorologi, Klimatologi dan Goefisika Stasiun Meteorologi Betoambari Baubau mengeluarkan peringatan mengenai gelombang setinggi empat meter di sekitar perairan Sulawesi Tenggra.

Petugas Pengamat Cuaca, BMKG Stasiun Betoambari Baubau Yamin Saleh Saidu, Senin (19/7), mengatakan, angin kencang yang disertai gelombang tinggi ini berpotensi terjadi di seluruh perairan Sultra selama sepekan ke depan.

“Gelombang tinggi ini biasa terjadi antara Juni sampai Agustus setiap tahunnya. Beberapa daerah di Sultra merupakan daerah kepulauan”, katanya.

Ia menambahkan, menurut Prakiraan cuaca dari BMKG, gelombang setinggi empat meter diperkirakan terjadi di Selat Muna dan Kabaena, Teluk None, Perairan Tukang Besi, Laut Maluku bagian Selatan, Perairan Sabalana Selayar.

“Olehnya itu, kami imbau pemilik kapal untuk berhati-hati apabila melewati rute tersebut. Kami sudah menginformasikan kepada para pemilik kapal dan juga pihak syahbandar pelabuhan terkait peringatan gelombang tinggi ini”, tambahnya.

Sementara itu, sejumlah kapal penumpang dengan rute, baubau – Wakatobi terpaksa harus menunda keberangkatannya karena takut akan gelombang tinggi yang dapat membahayakan jiwa penumpang.

Bukan hanya itu, kapal cepat rute baubau beberapa pekan terakhir sering molor waktu kedatangan di pelabuhan Murhum Baubau karena sepanjang perjalanan dari Kendari – Baubau, gelombang tinggi serta angin kencang terjadi. Hal itu membuat dua kapal cepat milik swasta tersebut berlayar dengan kecepatan rendah.

Berdasarkan perkiraan cuaca yang dikeluarkan situs BMKG, adanya Siklon Tropis “CONSON” di Laut Cina Selatan sebelah Barat Laut daratan Filipina mempengaruhi terbentuknya pumpunan/pertemuan angin yang memanjang dari Samudera Hindia sebelah Barat NAD hingga Laut China Selatan sebelah Barat Filipina.

Pembentukan pertemuan angin yang memanjang itu didukung oleh nilai kelembaban yang cukup tinggi. Kondisi ini menyebabkan peningkatan aktivitas pertumbuhan awan-awan hujan terutama di wilayah Indonesia sebelah utara khatulistiwa.

Potensi hujan terjadi di wilayah Indonesia kecuali sebagian Jawa bagian Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara peluang hujannya kecil. (vg/X-11/MI)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: