Olah Sampah, BLH Datangkan Instruktur dari Makassar

Kendari Ekspres, Kota Kendari 2010-07-19 / Halaman 9

Persoalan sampah yang setiap hari menumpuk menjadi perhatian serius Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Kendari. Salah satu cara supaya bisa bermanfaat, sampah organik akan diolah kembali dengan mendatangkan instruktur dari Makassar.

Kepala BLH Kota Kendari, Ir Hj Tin Farida mengatakan, pemanfaatan sampah mutlak dilakukan. Misalnya, mendesain menjadi kerajinan tangan seperti tas, sandal, topi, dan lain-lain yang bernilai ekonomis. Instruktur dari Makassar yang punya pengalaman di beberapa daerah mengolah sampah akan melakukan presentase pekan ini.

“Sebetulnya sampah organik telah diolah menjadi kompos. Hasilnya, telah dipasarkan hingga ke luar Kendari. Barang tidak bernilai dapat kita ubah menjadi barang yang dapat dijual. Hal ini terus kita upayakan agar berkelanjutan. Kini kita akan mencobanya di sampah anorganik. Tentu melakukan pemanfaatan perlu keahlian khusus, sehingga BLH akan mendatangkan dua instruktur dari Makassar untuk melakukan pembibingan selama empat hari kepada masyarakat. Empat hari ini dibagi untuk kegiatan lapangan dan di ruangan”, jelas Tin.

Tahap awal tersebut mengikutkan 20 anggota masyarakat yang telah memiliki kemampuan dasar menjahit, mau bergelut di bidang ini, dan terpenting mempunyai kepedulian tinggi terhadap pengelolaan sampah. Setelah itu, mereka melakukan pembinaan kepada masyarakat lainnya dengan pengawasan dari BLH.

Tin menuturkan, kegiatan itu memang tidak sepenuhnya mampu menangani masalah sampah. Namun, bila hal kecil itu dilakukan di setiap rumah, maka dampak kecil tadi mampu melahirkan manfaat yang lebih besar.

“Kami harapkan masyarakat dapat memanfaatkan sampah organik. Cara itu dapat mengurangi volume sampah di samping dapat menambah income (pendapatan, red) keluarga”, tambahnya. *P1/B/MAH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: