Ratusan Hekter sawah di Kolaka Gagal Panen

Media Sultra, 2010-07-17 / Halaman 1

ratusan hekter sawah milik warga di Desa Pesuoha, Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) tidak bisa panen akibat terendam air yang diduga berasal dari areal pertambangan yang ada di desa itu.

Ketua kelompok tani Desa Pesuoha, Sallu di Kolaka, Jumat (16/7), mengatakan, sedikitnya ada 300 hekter sawah dari hampir 1000-an hekter milik petani rusak dan tidak bisa dipanen akibat banjir yang melanda daerah itu selama beberapa hati terakhir.

“Tanah yang sudah digarap oleh petani untuk saat ini tidak bisa dipanen lagi karena terendam air yang berwarna agak kemerahan. Air yang berwarna kemerahan itu diduga benjir kiriman dari pertambangan lokal”, katanya.

Menurut Sallu, kuat dugaan air yang mengaliri ke sawah mereka itu sudah tercemari oleh limbah pertambangan yang berwarna kemerahan. Ia menambahkan, hingga saat ini pihak dari pemerintah maupun dari perusahaan pertambangan belum ada yang turun kelokasi persawahan yang terkena banjir tersebut.

Untuk itu, petani berharap kepada pemerintah Kabupaten Kolaka dan pihak terkait untuk mengatasi persoalan ini. “Kami berharap persoalan ini segera diatasi oleh pemerintah karena petani sudah tidak bisa menikmati hasil panen sawah mereka”, katanya.

Hujan yang melanda hampir seluruh wilayah di Sulawesi Tenggara membuat beberapa sentra pertanian dan perkebunan kini banyak yang gagal panen. Di Kabupaten Konawe misalnya juga ratusan bahkan sudah mencapai ribuan hekter padi milik petani di daerah ini dilaporkan gagal panen.

Selain karena faktor hujan, penyebabnya juga sebagian lainnya tidak bisa lagi di panen (puso).

Begitu puila di Kabupaten Bombana, juga dilaporkan ada sekitar 1000-an hekter padi sawah juga terpaksa menunda panen mereka karena selain dari faktor hujan, juga terbatasnya pekerja untuk dipekerjakan dalam panen padi itu karena di anatara pekerja di daerah ini masih banyak yang masuk ke lokasi pertambangan emas ketimbang untuk bekerja di persawahan. (X-11/MI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: