Petani Kelapa Sawit di Sumut Tolak Moratorium

Kompas, Nusantara 2010-07-17 / Halaman 23

Petani kelapa sawit menolak upaya pemerintah menerbitkan peraturan presiden tentang moratorium konversi hutan dan lahan gambut. Upaya moratorium dianggap sebagai salah satu strategi perang dagang negara Eropa terhadap komoditas minyak nabati. Pemerintah diminta konsisten pada peraturan perundangan tentang lingkungan hidup dan kehutanan yang telah ada.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Asmar Arsyad mengatakan bahwa moratorium konversi hutan dan lahan gambut hanya akan menghambat pengembangan perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Di sisi lain ada 10 juta jiwa petani dan keluarganya yang bergantung pada pengembangan perkebunan kelapa sawit.

”Pemerintah kan sudah menerbitkan aturan bahwa jika perusahaan besar ingin mengembangkan lahan baru, mereka punya kewajiban menyediakan minimal 20 persen dari lahannya untuk petani. Dengan moratorium konversi hutan ini, tak akan ada lagi perusahaan perkebunan yang berani mengembangkan kebunnya,” ujar Asmar di Medan, Sumatera Utara, Jumat (16/7).

Moratorium tersebut, lanjut Asmar, tak melihat kawasan hutan apa saja yang boleh dikonversi. Padahal, tak semua hutan di Indonesia statusnya berupa hutan alam. ”Ada kawasan hutan yang statusnya APL (areal penggunaan lain) dan jumlahnya mencapai 56 juta hektar. APL ini kan sah-sah saja dikonversi menjadi kebun kelapa sawit. Dengan moratorium konversi hutan, apalagi selama lima tahun berlakunya, tak akan ada lagi kebun baru,” kata Asmar.

Dinas Perkebunan Sumatera Utara berpendangan sama. Kepala Dinas Perkebunan Sumatera Utara Aspan Sofian mengatakan, meski diatur jeda konversi hutan, sampai kapan pun tetap akan ada tekanan terhadap status hutan. ”Sawit atau karet ini komoditas bebas. Selama ada permintaan dunia selama itu pula masyarakat akan menanamnya. Di mana pun,” kata Aspan. (BIL)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: