Masyarakat Kontu Amankan 30 Batang Tunggak Jati

Media Sultra, Hukum 2010-07-16 / Halaman 4

Organisasi Rakyat (OR) Kontu, Kamis (14/7) mengamankan 30 batang tunggak jati yang diolah di kawasan Kontu. Dari tangan para pelaku diamankan satu unit senso berikut satu jeregen bensin. Para pelaku berjumlah tiga orang berhasil melarikan diri.

Ketua OR Kontu, Fahrudin, mengatakan, sejak Rabu (8/7) lalu tiga orang pelaku yang salah satunya berinisial K mengolah tunggak jati di kawasan kebun milik masyarakat Kontu.

Saat dirinya menanyakan kepada para pengolah tunggak tersebut mengenai izin pengolahannya, rupanya para pengolah tidak memiliki izin resmi. Ia sempat meminta agar para pelaku menghentikan pengelolahan tersebut, namun tak diindahkan.

“Awalnya kami mendapat informasi dari masyarakat, kalau di kebun mereka ada yang memotong tunggak jati. Setelah kami cek rupanya benar dan kami berhasil mengamakan 30 batang tunggak jati dan satu unit senso:, kata Fahrudin.

Dirinya menduga kalau para pelaku dibekingi oleh salah satu anggota polisi yang berinisial Z. Pasaklnya, yang mengolah tunggak tersebut adalah adik oknum polisi tersebut. Saat dirinya hendak menanyakan mengapa harus mengolah tunggak tersebut kepada para pelaku, oknum polisi mengatakan kalau kayu yang diolah tersebut berada di kebun milik orang tuanya. Sempat terjadi ketegangan antara dia dengan oknum polisi tersebut.

“Jadi saya meminta agar pihak berwajib memproses masalah ini, kerena kita ketahui bersama bahwa status Kontu saat ini masih menjadi sengketa”, tegas Udin.

Kapolres Muna Rachamad Pamudji melalui KSPK-nya Ipda Yeremi Iwo saat berada di lokasi Kontu mengatakan, untuk para TSK-nya saat ini masih dalah tahap lidik.

“Kami hanya mengamankan barang bukti berupa kayu tunggak jati dan satu unit senso. Kita akan periksa dulu dua orang saksi”, kata Yeremi. (Cr-7/Ms-5)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: