Bupati Kota Baru Jangan Cepat Beri Izin

Kompas, Nusantara 2010-07-16 / Halaman 22

Pemerintah Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan, jangan terlalu cepat mengeluarkan izin pertambangan batu bara di Pulau Laut. Penambangan batu bara di pulau itu menimbulkan pro dan kontra sehingga diperlukan kajian yang mendalam agar izin tambang benar-benar untuk kepentingan masyarakat.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kalsel Rakhmadi Kurdi, Kamis (15/7), mengatakan, sebaiknya Pemkab Kota Baru membawa rencana penambangan ke provinsi atau pusat.

Menurut Rakhmadi, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan sebelum mengeluarkan izin pertambangan, di antaranya melihat tata ruang dan aspirasi masyarakat. Jangan sampai kebijakan itu merugikan masyarakat. Rakhmadi mengingatkan, izin tambang yang sudah dikeluarkan itu masih bisa digugat pihak yang merasa dirugikan.

Pada Kamis siang, sekitar 30 warga Kabupaten Kota Baru bersama Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Kalsel berunjuk rasa ke Kantor DPRD Kalsel di Banjarmasin. Mereka meminta DPRD provinsi berperan aktif mengantisipasi konflik yang terjadi di masyarakat Kota Baru terkait masalah penambangan. Mereka juga menolak rencana penambangan itu.

Sejauh ini, kebijakan Bupati Kota Baru Sjachrani Mataja yang akan berakhir masa tugasnya pertengahan Agustus itu menuai pro dan kontra dari masyarakat. Sebagian masyarakat mendukung dengan alasan tambang akan menyejahterakan warga.

Sebaliknya, sebagian masyarakat menolak dengan anggapan tambang akan merusak lingkungan. Lokasi Pulau Laut cukup strategis sebagai benteng tenggara Pulau Kalimantan dari terjangan gelombang.

Pulau yang terletak antara Selat Makassar dan Laut Jawa itu hanya berukuran sekitar 1.867 kilometer persegi.

Manajer Kampanye Lingkungan Hidup Kalsel Dwitho Frasetiandy mengatakan, DPRD Kabupaten Kota Baru sudah tidak peduli dengan rencana penambangan dan kondisi yang terjadi di daerah. ”Sekarang ada potensi konflik horizontal. DPRD Kalsel harus mengambil tindakan,” katanya. (WER)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: