Perwali Kawasan Tertib Sampah Masih Tahap Sosialisasi

Media Sultra, Ibukota 2010-07-14 / Halaman 6

Peraturan Malikota (Perwali) Kendari Nomor 21 Tahun 2009, tentang tertib sampah, saat ini masih dalam tahap sosialisasi.

Hal ini disampaikan, Tri Kora, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Kota Kendari, yang ditemui Media Sultra di ruang kerjanya, senin (13/7).

Dikatakannya, peraturan tersebut dibuat dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat, untuk berprilaku hidup bersih dan disiplin, sehingga bias menciptakan Kota Kendari menjadi kota yang bersih.

Selain itu, dengan disosialisasikan peraturan ini diharapkan bisa mengantar Kota kendari untuk kembali meraih piala Adipura ke tiga tahun 2011.

“Mudah-mudahan dengan adanya peraturan ini nantinya, dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat. Karena dalam Perwali tersebut dicantumkan bahwa bagi masyarakat yang ditemukan membuang sampah disembarang tempat akan dikenai sanksi hukum, dan denda Rp 500 ribu atau kurungan penjara minimal tiga bulan”, ujar Tri Kora.

Adapun titik jalan yang masuk dalam kawasan tertib sampah yakni, kawasan ruas jalan utama sepanjang jalan MT Haryono, Jalan Jend A Yani, Jalan Drs H Abdul Silondae, kawasan pemukiman, perdagangan, dan perkantoran yang ada di wilayah Kota Kendari.

Di kawasan tersebut, nantinya akan dibuat pos-pos pengawasan sampah yang dijaga oleh petugas, agar masyarakat dapat dengan mudah dipantau. (M-5/Ms-3)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: