334 Korban Banjir Dievakuasi

Kendari Pos, Bumi Anoa 2010-07-09 / Halaman 6

88 Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Lambuya dan Puriala menjadi korban banjir. Kemarin, 334 jiwa penduduk Desa Waworaha, Lambuya dan Kelurahan Watundehoa, Puriala yang mengungsi dari kediaman mereka sejak lima hari lalu itu baru dikunjungi Bupati Konawe, Lukman Abunawas di Posko Gabungan Medis Dinkes Konawe, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), PMI Konawe dan Dinsos. Saat tiba, Lukman Abunawas menyerahkan bantuan pribadi sejumlah uang tunai dan kebutuhan pokok lainnya yang menjadi kebutuhan penting bagi pengungsi.

Sumbangan itu langsung diberikan pada masing-masing pengungsi. Di tempat yang sama, bupati juga menyerahkan bantuan PMI Konawe  yang diketuai Hj. Yati Lukman berupa tikar, peralatan mandi, detergen dan jerigen untuk air bersih. ” Bantuan ini diberikan secara langsung karena mereka sudah lima hari dievakuasi dari rumah yang terendam dengan ketinggian dua meter. PMI Konawe juga telah memberikan bantuan bersama dinas kesehatan, dinas sosial dan BPBD. Uang yang diberikan untuk meringankan beban warga korban banjir sebab mereka tidak bisa lagi berkebun karena banjir,” ujar Lukman.

Ketua Majelis Pimpinan Daerah Muhammadiyah Konawe itu menilai secara umum kondisi pengungsi sangat baik. Tim medis Dinkes Konawe dan PMI pun selalu siaga 24 jam. ” Ke depan jika banjir terus menerus setiap tahunnya melanda dua lokasi ini maka ada kemungkinan warga akan direlokasi di tempat aman dan layak huni,” katanya. Lurah Watundehoa Kecamatan Puriala, Patahuddin mengatakan hingga saat ini kondisi air di wilayahnya belum surut. Namun sebagian besar warga masih bertahan, utamanya di lokasi yang diduga aman. ” Kami belum menaksir kerugian. Nanti setelah air surut baru kami akan hitung kerugian warga yang dominan bertani coklat,” ujarnya.

Korlap Logistik, Amir menambahkan dua hari evakuasi mereka berhasil mengumpulkan korban banjir dari dua wilayah itu. ” Ada warga lain yang belum dievakuasi karena dianggap berada di lokasi aman,” ujar Kabid Banjamsos Dinsos Konawe ini sembari menambahkan kendala di lapangan adalah genset dan kendaraan operasional. (din)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: