Perkebunan Dikhawatirkan Jadi Kedok Pembalakan

Kompas, Nusantara 2010-07-08 / Halaman 22

Perkebunan kelapa sawit yang akan dibuka di Kabupaten Kepulauan Mentawai dikhawatirkan hanya menjadi kedok untuk memanfaatkan kayu di hutan.

Hal itu dikatakan Deputi Direktur Yayasan Citra Mandiri Mentawai Frans R Siahaan, Rabu (7/7). Menurut Frans, sepanjang tahun 1969-2008, setidaknya ada tujuh perusahaan pemegang hak pengelolaan hutan (HPH) dan enam perusahaan pemegang izin pengusahaan kayu (IPK) beroperasi di Pulau Siberut. Terakhir, pemerintah lewat Kementerian Kehutanan mengeluarkan izin HPH di cagar biosfer Siberut Utara kepada PT Salaki Summa Sejahtera tahun 2008-2052.

Perhitungan Frans, selama periode itu, 200.000 hektar lahan dari luas Pulau Siberut 403.300 hektar akan habis diambil kayunya. Dari total luas Pulau Siberut itu, 190.500 hektar ditetapkan sebagai Taman Nasional Siberut, 74.450 hektar sebagai hutan konservasi, 42.050 hektar hutan produksi terbatas, dan 95.900 hektar hutan produksi tanpa ada garis batas yang jelas.

Di pulau lain, seperti Pulai Sipora, Pagai Utara, dan Pagai Selatan, setidaknya ada 29 pemegang IPK yang berencana membuka berbagai perkebunan. Namun, izin usaha perkebunan yang diperoleh setelah ada IPK tidak kunjung dipergunakan. Hingga saat ini tidak ada lahan perkebunan yang diusahakan.

Di sisi lain, kayu yang ada di bakal lahan perkebunan telah habis ditebang dan diangkut ke luar pulau berdasarkan IPK yang didapat sejumlah perusahaan itu.

Direktur LBH Padang Vino Oktavia menyatakan, pihaknya melakukan kajian hukum terkait hal itu. Menurut Vino, hal pertama harus ditemukan adalah status kawasan yang direncanakan untuk perkebunan kelapa sawit. Setelah itu, dikaji apakah izin lokasi yang dikeluarkan Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai melanggar peraturan dan undang-undang. (INK

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: