Gunung Mekongga Cocok Jadi Cagar Bios Oil

Kendari Ekspres, Sultra Ekspres 2010-07-08 / Halaman 6

Gunung Mekongga Kolaka Sulawesi Tenggara dinilai tepat dijadikan cagar Bios Oil.

Hal tersebut dikatan, Ketua Tim Penelitian LIPI, Prof Elizabeth, yang baru saja malakukan penelitian di gunung Mekongga Kolaka.

Menurutnya, kondisi grafis gunung Mekongga yang kaya dengan potensi flora dan fauna ini sangat berpotensi menjadi cagar alam bios oil. “Bios oil ini adalah energy terbarukan yang berasal dari tumbuhan”, katanya di Kolaka, Rabu (7/7).

LIPI telah melakukan penelitian di gunung Mekongga untuk kedua kelinya dengan bekerjasama tim California University dengan didampingi relawan dari Korps dari Korps Citaka Kolaka.

Elizabeth berharap, kekayaan dan potensi gunung Mekongga harus di jaga utamanya dari perambahan hutan atau illegal logging yang kini mulai merambah ke gunung Mekongga. “Illegal logging harus dihentikan”, katanya.

Menurut Ellizabeth, gunung mekongga memiliki aneka tumbuhan yang unik dan hanya terdapat di gunung ini saja. Selain memiliki aneka tumbuhan yang menjadi alasan penelitian LIPI., gunung Mekongga memiliki karts atau tanah gunung yang memilki nilai lebih di banding gunung lain.

Menurut Elizabeth, setelah dua kali melakukan penelitian di gunung Mekongga tim LIPI menemukan sedikitnya lebih 600 spesies serangga lebih dari 300 tumbuhan jenis baru. “Salah satunya ada bambu yang hanya tumbuh di gunung tersebut dan tidak ada di tempat lain”, katanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: