Tugu Adipura Dibangun di Bundaran Mandonga

Kendari Pos, Metro 2010-07-07 / Halaman 11

Polemik seputar lokasi pembangunan tugu adipura bakal segera terjawab. Kecamatan Mandonga sepertinya akan menjadi jawaban atas pertanyaan itu. Camat Mandonga, Drs Apriadi, mengatakan, bundaran Mandonga akan direhab dan dijadikan tugu adipura. Meski baru sebatas perencanaan, namun design tugunya, sudah ada di pemkot.

“Finalnya belum jelas, baru sebatas perencanaan. Kan action pelaksanaannya ada di Dinas PU. Tapi, insya Allah bisa disetujui lokasinya di bundaran Mandonga. Model tugunya sudah saya serahkan ke Pemkot. Kemarin waktu ke Bekasi saya ambil gambarnya dan itu yang bagus,” katanya, kemarin.

Dia lalu mengurai alasan dan sedikit berpromosi, soal alasan kepatutan Bundaran Mandonga sebagai lokasi penempatan tugu. Menurut dia, Bundaran Mandonga adalah lokasi yang sangat strategis sebagai lokasi tugu adipura. Sebab, bundaran merupakan pintu masuk pelancong dari arah Kolaka dan Pelabuhan Kendari. Otomatis, mereka yang mendaratkan kakinya di Bumi Anoa ini, begitu masuk Bundaran, akan melihat tugu adipura yang telah 2 kali berturut-turut diraih Kota Kendari, sebagai salah satu kota bersih di Indonesia.

“Tamu dari Makassar yang ke sini dari arah Kolaka, bisa langsung melihat tugu adipura di bundaran. Begitu juga dari pelabuhan. Dua arah itu adalah pintu masuk ke Kota Kendari. Jadi, menurut kami sangat pantas kalau lokasinya di bundaran saja. Bundarannya bisa direhab dan diganti dengan tugu adipura,” jelasnya.

Selain alasan yang telah diuraikan, Apriadi memandang, Mandonga lebih pantas karena merupakan pusat pemerintahan, perdagangan dan jasa dibanding bundaran menuju Bandara WMI Kendari atau Kota lama.

“Mandonga pusat pemerintahan, ada Rujab Gubernur, Rujab Walikota, kantor walikota dan kantor dinas, sampai rumah pribadi walikota ada di Mandonga. Pusat jasa, banyak Ruko dan pusat perdagangan, karena ada Mall dan swalayan yang kebanyakan ada di Mandonga.   Sedangkan kalau dari Bandara WMI, hanya orang dari bandara saja yang lihat,” ujarnya.

Untuk diketahui beberapa waktu lalu, anggota DPRD Kota Kendari, memiliki pendapat yang beragam soal lokasi yang tepat untuk penempatan lokasi tugu adipura. (dri)

One Response

  1. sekiranya itu pembangunan yg akan menjadikan salah satu aikon kota,,alangkah lebih baik pembangunan tersebut di bangun di lokasi yg tepat di kelola org2 yg pas,,tidak ada polemik,,tidak ada wacana2 yg tidak jelas dan pembangunannya di percepat,,,usul saya,,,klo tugu adipura ini tiangnya di bangun seperti batang pohon sagu,,yg mencerminkan ciri khas asli kendari,,(makanan khas suku kendari,TOLAKI),,,bukan mencontek daerah2 lain di indonesia,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: