Pengusutan Tiga KP Illegal, “Jalan di Tempat

Kendari Pos, Bumi Anoa 2010-07-07 / Halaman 5

Kerja penyidik Polda Sultra dalam mengusut tiga perusahaan tambang yang diduga mengantongi izin Kuasa Pertambangan (KP) ilegal, “jalan di tempat”. Nyatanya, sampai kini tak ada perkembangan berarti dari kasus tersebut meski delapan saksi telah dimintai keterangannya.

Tiga perusahaan yang dibidik Satuan Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Direktorat Polda Sultra itu adalah PT. Cipta Jaya Surya, PT. Dharma Rosadi Intern dan PT. Sultra Jembatan Emas. Ketiga perusahaan tersebut diduga melakukan penambangan di kawasan hutan Kabupaten Kolaka tanpa izin Menteri Kehutanan dan hanya mengantongi rekoemndasi KP dari Perusahaan Daerah (Perusda) Kolaka sebagai mitranya.

Kabid Humas Polda Sultra, AKBP Moch. Fahrurrozi mengaku, pihaknya kini terus melakukan penyidikan terhadap tiga perusahaan itu, termasuk kasus-kasus tambang lainnya di Sultra. Dari delapan saksi yang telah diperiksa, tiga diantaranya adalah ahli dari Dinas Kehutanan. ” Penyidiknya juga telah menandangani surat pemanggilan pemeriksaan saksi tambahan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat, pemeriksaan bisa dilakukan. Kami telah memaksimalkan kinerja dalam penanganan setiap kasus secara proporsional dan profesional sesuai dengan Tupoksi kepolisian,” bela Fahrurrozi, kemarin.

Untuk diketahui, penyelidikan terhadap tiga perusahaan tambang di Kolaka karena diduga tidak mengantongi izin kuasa pertambangan (KP) yang sah. Mereka diproses hukum berdasar laporan polisi nomor 77/IV/2010/Polda dan laporan polisi nomor 78/IV/2010/Polda tertanggal 1 April 2010.

Selama ini manajemen PT. Cipta Jaya Surya, PT. Dharma Rosadi Intern dan PT. Sultra Jembatan Emas melakukan operasi penambangan hanya dengan menggunakan izin KP yang diterbitkan Perusahaan Daerah Kabupaten Kolaka. Padahal dalam ketentuannya, yang berkewenangan menerbitkan izin KP adalah kepala daerah. (rif)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: