Longsor, Akses Jalan Antar Kabupaten Terhambat

Kendari Elspres, Sultra Ekspres 2010-07-06 / Halaman 16

Bencana tanah longsor yang terjadi di kawasan objek wisata air terjun Tirta Rimba Kota Baubau, mengakibatkan akses jalan  yang menghubungkan Kota Baubau dan dua Kabupaten yakni Kabupaten Buton dan Buton Utara terhambat.

Pengamatan di lokasi, material longsor setinggi enam meter dan pepohonan menimbun seluruh badan jalan, sehingga akses jalan setempat terputus sehingga menimbulkan antrean berbagai jenis kenderaan, baik sepeda motor dan mobil yang sudah terjebak yang ingin melintas. Seorang warga setempat, La Atu, di Baubau, Senin (5/7) mengungkapkan, bencana tanah longsor tersebut terjadi sekitar pukul 27.30 Wita, hal ini disebabkan oleh hujan yang mengguyur Kota Baubau selama sepekan terakhir.

“Yang memicu terjadinya longsor karena daerah pengikisan pada tebing saat proyek pelebaran jalan, tebing yang longsor tersebut sudah tidak memiliki kekuatan yang maksimal untuk menahan beban”, katanya.

Pantauan wartawan koran ini, aktivitas material longsor yang menimbun jalan di lokasi dibersihkan secara bergotong royong oleh warga setempat serta para pengguna jalan, sehingga sebagian badan jalan hingga kini sudah dapat digunakan oleh pengguna jalan.

Sementara itu, aparat Satuan Lalulintas Polres Kota Baubau melakukan sistem buka tutup untuk jalur tersebut sampai material longsor yang masih menimbun sebagian badan jalan dibersihkan. Hingga saat ini belum ada petugas dari pemerintah setempat yang membersihkan sisa material yang berada di jalan raya, akibatnya kenderaan sesekali terlihat harus mengantri untuk bisa melewati jalan tersebut. *P4/B/DUL

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: