Industri Perikanan Tutup, Kedatangan Kapal Asing Menurun

Kendari Ekspres, Ekobis Ekspres 2010-07-05 / Halaman 11

Setiap tahun jumlah kedatangan kapal luar negeri ke Kota Kendari semakin berkurang. Kondisi ini dipengaruhi tutupnya beberapa perusahaan industri perikanan.

“Kapal asing yang berlabuh di Pelabuhan Nusantara Kendari ini merupakan kapal-kapal yang memuat ikan menuju Jepang dan Korea”, kata Kepala Administrasi Pelabuhan (Adpel) Kendari, Irianto Dahlan, belum lama ini.

Data dari Adpel menyebutkan penurunan kedatangan kapal asing terjadi mulai tiga tahun terkahir. Pada tahun 2007 kunjungan kapal asing sebanyak 55 unit. Kemudian di tahun 2008, menurun sangat signifikan menjadi 25 kunjungan dan pada tahun 2009 sebanyak 28 kunjungan. Di tahun ini, kunjungan kapal asing hingga bulan Mei tercatat ada 6 unit.

Selain kapal asing, kunjungan kapal domestic atau nasional juga menurun. Pada tahun 2006 mencapai 4.834 kunjungan sedangkan tahun 2009 menurun hanya 3.917 kunjungan. “Kunjungan kapal nasional menurun, tapi ada penambahan dari sisi muatan kapal. Kapal yang datang besar-besar”, kata Irianto Dahlan.

Pada umumnya ukuran panjang berkisar 100 meter ke atas. Kondisi inilah yang menjadikan daerah menjadi overland. Sehingga sering terjadi antrian saat bongkar muat. Panjang dermaga hanya 270 meter. *CUK/ARI

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: